Rabu, Oktober 29, 2014

MEDIA KOMUNITAS DAN KONSTRUKSI IDENTITAS KELOKALAN (Studi Kasus Tentang Wongkito.net Bagi Blogger “Wong Kito” di Kota Palembang)*

Oleh : Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A (Dosen Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang)

*) Tulisan ini sudah dipresentasikan di Serial Call For Paper dan Konferensi Nasional #1 KOMUNIKASI INDONESIA untuk MEMBANGUN PERADABAN BANGSA di Palembang, 26-27 Februari 2013 dan sudah dimuat dalam Prosiding yang berjudul Komunikasi Indonesia untuk Membangun Peradaban Bangsa, No. ISBN : 978-602-18666-1-0, Tahun Terbit : 2013 dan Penerbit : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana Jakarta

A. PENDAHULUAN
A.1 Latar Belakang
Wongkito.net adalah satu media komunitas yang ada di Kota Palembang yang fokus pada para blogger yang memiliki kriteria khusus tentang ke-Palembang-an. Data yang diperoleh dari Humas Wongkito.net, jumlah media komunitas yang ada di Kota Palembang sendiri ada sekitar belasan media komunitas, seperti Android Palembang, Kaskus Regional Palembang, iphone Palembang, Komunitas Fotografer Musi (KMF), dan lain-lain. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kemajuan zaman, jumlah media komunitas ini sendiri semakin bertambah. Bagi masyarakat Kota Palembang dengan luas wilayah 400,62 km2 dan jumlah penduduk sekitar 1.451.776 jiwa ini, Wongkito.net sendiri merupakan media komunitas yang cukup memiliki konsistensi bertahan diantara spekulasi intesitas kegiatan anggota-anggotanya. Hal ini terbukti karena pada 16 Oktober 2012 lalu, Wongkito.net pun telah merayakan ulang tahunnya yang ke-5.
Gambar 1
Logo Wongkito.net
 Sumber Gambar: http://wongkito.net