Selasa, Januari 31, 2017

Januari 2017: Awal Tahun Yang Menyenangkan

Mulai bulan ini, setiap akhir bulan saya mau mulai menulis tentang rangkuman kegiatan menarik yang saya lakukan selama satu bulan itu. Syukur-syukur saya bisa flash back ke belakang karena banyak sekali kegiatan yang sayang sekali jika tidak terdokumentasikan. Bagi saya blog kadang menjadi media dokumentasi pribadi. Kegiatan menulis blog yang sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu ini ikut menjadi pengingat bahwa saya terus bertumbuh. Cerita hidup itu selalu ada dan kadang menarik untuk diceritakan. Bagi saya juga hidup adalah kesempatan satu kali yang tidak bisa terulang lagi. Jadi meski ada peristiwa yang mungkin buruk, namun dengan sedikit mengubah sudut pandang, dia bisa menjadi baik.

Jadi, apa yang akan saya ceritakan selama satu bulan di bulan Januari 2017 kemarin? Akan ada 8 hal utama yang berkesan bagi saya di setiap bulan. Kok 8? Ya, karena saya suka angka 8. Saya lahir di tanggal 8, jadi saya merasa hokinya di angka itu. Jadi, inilah 8 hal yang saya sukai di bulan Januari tahun 2017:


1) Wisuda STISIPOL Candradimuka Periode 2 Tahun 2017
(Foto Bersama Seluruh Wisudawan Jurusan Ilmu Komunikasi)
Ada yang berbeda dengan wisuda kali ini, Rabu, 18 Januari 2017. Iya, jika biasanya usai prosesi upacara wisuda seluruh Dewan Senat meninggalkan ruangan, saya kali ini tetap berada di ruangan Hotel Aryaduta Palembang itu untuk berfoto bersama wisudawan Ilmu Komunikasi. Saya cukup dekat memang dengan mahasiswa angkatan ini, jadi permintaan mereka untuk foto bersama saya kabulkan. Sebagai Ketua Jurusan, saya bangga melihat mereka akhirnya lulus dan bisa menyandang gelar S.I.Kom. Saya berharap, semoga kelulusan mereka dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk hidup mereka. Amiiiin...
(Karaokean Bersama BGC Angkatan 2016)
Usai wisuda, saya kemudian langsung diajak oleh para Bujang Gadis Candradimuka (BGC) Angkatan 2016 untuk berkaraoke bersama di Inul Vizta Palembang Square. Hahaha, saya merasa muda kembali di antara mereka. Ada dua lagu andalan yang jarang absen kalau karaokean, yups Cinta Terbaik-nya Cassandra dan Dia-nya Anjie. Baper, baper deh... Hihihi. Memang, kalau lagi karaoke begini kadang suka minder karena suara yang pas-pasan. Cuma kalau untuk seru-seruan sesekali ya kenapa tidaklah... Makasih yaa, sudah ajak karaokean! Next time kalau ada kesempatan lagi.

2) Pembicara Pembekalan Skripsi dan Motivasi Tahun 2017
(Bersama Para Pembicara Yang Lain Beserta Moderator dan MC)
Kegiatan pembekalan skripsi menjadi kegiatan rutin di awal tahun bagi mahasiswa yang baru menyelesaikan semester 7 mereka. Ya, kegiatan ini agar mereka siap untuk membuat skripsi. Di kegiatan ini mereka akan diberikan arahan tentang bagaimana menyusun skripsi dari Bab 1-6 juga motivasi dan pembagian Buku Pedoman Pembuatan Skripsi STISIPOL Candradimuka.
Kali ini, saya juga dipercaya menjadi salah satu pembicaranya. Saya kebagian menjadi narasumber tentang Bab 1-3. Kegiatan yang bertajuk “Pembekalan & Motivasi Menjelang Ujian Skripsi Mahasiswa/i STISIPOL Candradimuka Tahun 2017” ini digelar pada hari Sabtu, 14 Januari 2017.
(Saya diantara peserta Pembekalan Skripsi SC Tahun 2017)
Adapun nama-nama pembicara di kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 300 mahasiswa dari seluruh jurusan (Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Politik) ini, yaitu:
Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A (Pemahaman Bab 1-3)
Dra. Lisdiana, M.Si (Pemahaman Bab 4-6)
Icuk M. Sakir, S.Sos, M.Si (Teknik Penulisan dan Motivasi)
Sedangkan sebagai moderator yakni M. Febrianza, M.Si dan sebagai MC yakni Wiwit Oktaviani, S.Kom. Banyak mahasiswa yang bertanya pasca pemaparan. Hal ini sebagai tanda bahwa kegiatan pembekalan sangat penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan arahan sekaligus semangat dalam menyelesaikan kuliah mereka dengan cara menyusun skripsi. Tetap semangat untuk semuanya, sukses di seminar proposal nantinya, juga penelitian, dan sidang skripsi yaa...

3) Lokakarya Kurikulum Ilmu Komunikasi ASPIKOM Wilayah Barat 
(Foto Bersama Seluruh Peserta Lokakarya di Universitas Tarumanegara)
Persoalan kurikulum selalu menjadi persoalan yang menarik untuk dilokakaryakan. Terlebih perkembangan zaman sekarang, tentu membuatkan kurikulum yang sudah disusun empat tahun sebelumnya perlu ada penyegaran. Tapi untuk menjadi segar bukan asal segar, maka salah satunya adalah dengan mengikuti lokakarya kurikulum yang dilaksanakan oleh asosiasi ilmu tersebut.
Lokakarya ini sendiri bertajuk “Lokakarya Kurikulum Ilmu Komunikasi Berbasis KKNI Asosiasi Pendikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Wilayah Barat. Kegiatan dilaksanakan di Fikom Universitas Tarumanegara Jakarta, pada hari Selasa, 31 Januari 2017. Untuk wilayah Sumatera Selatan sendiri, diberikan 4 jatah dan itu diambil oleh STISIPOL Candradimuka (Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A), Universitas Sriwijaya (Nurly Meilinda, M.I.Kom), Universitas Bina Darma (Rahma Santhi Zinaida, M.I.Kom), dan UIN Raden Fatah (Aprianti Reza, M.A).
Saya PP untuk kegiatan ini, pergi pukul 6.00 WIB dan pulang pukul 21.30 WIB, keduanya menggunakan maskapai Batik Air yang sudah dipesan oleh pihak kampus. Berangkat bareng dengan Nurly dan Santi, namun pulang sendirian. Biasaaaa... Wanita tangguh ini. Hihihi. Kita sampai di Jakarta pukul 7 pagi, langsung naik Go Car dan tiba di tempat pelaksanaan. Sempat ngopi cantik dulu di Starbucks yang ada di lingkungan Universitas Tarumanegara itu, baru kita naik ke lantai 11 kampus tempat pelaksanaan lokakarya. Setibanya di sana, para akademisi di bidang Ilmu Komunikasi sudah berkumpul.
(Nongki di Starbucks Untar Bersama Santi dan Nurly)
Narasumber untuk lokakarya ini adalah Ibu Silvy Dewajani, Ph.D (Universitas Gadjah Mada/DIKTI) dan Bapak Sri Hastjarjo, Ph.D (Universitas Sebelas Maret/ASPIKOM). Keduanya sangat berkompetensi di bidangnya untuk berbicara tentang kurikulum. Alhasil, usai lokakarya saya pusing. Hahaha. Gak, maksudnya bersemangat untuk segera menyusun kurikulum baru di Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Semangat!!!
Pukul 3 sore, lokakarya selesai. Saya, Nurly, Reza dan Harry kemudian memutuskan untuk jalan ke salah satu mall yang ada di Jakarta, dan terpilihlah Mall Central Park. Hahaha... Saatnya menghabiskan uang perjalanan dinas. Lumayan, dapet oleh-oleh untuk Fafa dan sepasang sepatu Skechers. Alhamdulillah... Ini obat pusing paling mujarab. Pukul 7 malam, saya sudah ada di Bandara Soekarno Hatta Jakarta untuk kembali ke Palembang. Sempat makan Soto Kriuk di Terminal 1C itu, dan beli oleh-oleh Mochi Mochi dan Bread Papa. I love journey...

4) Tuntas Ngeblog di Instagram 30 Hari Bercerita
(Tanda Lulus Tantangan 30 Hari Bercerita)
Diawali dengan melihat postingan di instagram milik teman lama dari Lepass (Lembaran Pelajar Sumatera Selatan) Angkatan 6-7, namanya Dian Ekasari Damayanti yang menulis tentang tantangan menulis 1 bulan penuh di Instagram oleh akun IG @30haribercerita. Gak dapet hadiah apa-apa sih, cuma tantangan biasa bahwa kita mampu menulis satu bulan full. Kalau dulu, saya sempat ikut kegiatan seperti ini di akun blogdetik.com. Sama, ditantang untuk menulis blog selama satu bulan penuh, namun setelahnya dapet piagam. Yang ini tidak.
Cuma karena kebetulan sekarang sedang keranjingan sosial media instagram juga, jadi why not. Ayo, kita coba! Well, saya bisaaaa... Satu bulan full, selama 30 hari berturut-turut saya selalu post tentang cerita saya di akun IG saya : anitashiva88. Kadang cerita tentang kegiatan hari itu, kadang menulis puisi gak jelas, kadang sekedar tulisan biasa, kadang juga cerita bertema dari panitia. Seru sih! Cuma agak bete, coz gak ada satupun ceritaku yang di regram. Hahaha... Yah, cukup menghibur diri, cerita yang masuk di panitia ada banyak, dan waktu post cerita untuk IG-ku sendiri itu selalu malam. Iya, selalu di atas jam 9 malam. Saya gak punya ide kalau siang-siang untuk nulis, kalau persediaan fotonya mungkin ada. Hahaha...
Alhasil, sekarang tantangannya sudah berakhir. Hal positifnya, saya mengakui bahwa menulis adalah salah satu untuk pelepasan beban. Asal sampai selesai yaaa... Saya juga belajar disiplin untuk itu. Terlebih ditantangan yang terakhir, menulis tentang SALAM yang kalau dibalik menjadi MALAS. Ah, manusia-manusia ini.. Rentan sekali untuk berubah, sayang memang jika berubahnya dalam rangka menurunkan nilai kualitas diri.

5) Meet Up Kompasianer Palembang (Kompal)
(Para Anggota Kompasianer Palembang)
Bulan ini, saya bahagia bisa menemukan komunitas baru: Kompasiana Palembang (Kompal). Udah lama sih daftar Kompasiananya sendiri, iya, sejak 22 April 2010 lalu. Namun memang baru aktif kembali Jumat lalu, 20 Januari 2017. Itu pun karena mau ngejer makan gratis yang diadakan oleh Kompal (Kompasianer Palembang) besoknya, Sabtu, 21 Januari 2017. Kan lumayan bisa nyobain tempat makan baru di Palembang, namanya Pondok Melayu di sekitaran Rajawali Palembang. Tempat makan mahal nih, meski lagi promo diskon 30% selama bulan Januari 2017. Yang penting yang bayar bukan saya. Ahai, yang bayar.... Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada dr. Posma Siahaan yang sudah mentraktir 16 anggota Kompal yang hadir Sabtu kemarin.
(Makan Siang Bersama Kompal di RM Pondok Melayu)
Saya melihat bahwa Kompal ini bakal aktif dan banyak kegiatan menarik yang mau dilakukan. Seru deh pokoknya, tahun kemarin saja saya sempat menjadi pembicara di salah satu kegiatannya: Membuat Pempek Palembang. Tahun ini? Wah, banyak, ada Pelatihan Menulis Blog, Jalan-Jalan ke Pagar Alam, Berbicara Tentang Kopi, dan masih banyak lagi. Kamu juga mau ikutan jadi anggota Kompal? Gampang... Punya akun kompasiana.com lalu mulailah menulis, satu artikel aja dulu dan dipost. Nanti kontak saya, bisa via IG tadi di anitashiva88, nanti saya teruskan ke pengelola kompal.

6) Menang Lomba Foto Selfie OPI Mall dan Bermain Ice Ring
(Foto Selfie Fafa di OPI Mall)
Alhamdulillah... Seneng banget yaa kalau sudah berurusan dengan yang menang-menang ini. Seperti kali ini saya memang Lomba Foto Selfie OPI Mall. Iya, ceritanya lagi jalan-jalan sama Fafa di OPI Mall, Minggu, 22 Januari 2017 trus ngeliat ada poster Lomba Foto Selfie OPI Mall. Jadinya, langsung minta Fafa bergaya dan cekrek. Unggah ke akun IG anitashiva88 dan dua hari kemudian dapet pengumuman kalau menang untuk periode minggu ketiga Januari 2017.
(Dapet Voucher Bermain Ice Ring di OPI Mall)
Dua hari kemudian baru sempet ke OPI Mall untuk ambil hadiahnya. Ternyata hadiahnya adalah tiket bermain Ice Ring. Yeee... Jadi bermain Ice Ringlah saya dan Fafa pada hari Minggu, 29 Januari 2017 itu. Sebelumnya saya dan Fafa, bersama mahasiswi saya, Elin Oktarina sempat kondangan aqiqah dulu di daerah 12 Ulu. Iya, aqiqahnya Agni, keponakannya Edo. Hehe...
(Bersama Agni, Fafa dan Mbak Kiki)
Lanjut ke pengalaman main Ice Ring, hh, sempat jatuh-jatuh... Dan pegal akhirnya. Hahaha... But, lumayanlah Fafa jadi gratis. Kalau bayar main di hari Minggu itu Rp 50.000,- Oya, kalau mau main Ice Ring juga jangan lupa bawa kaos kaki yaa... Biar gak harus beli Rp 10.000 sepasang kaos kakinya. Karena sifatnya wajib. Hoho...
(Ceria Bersama Tante Elin Juga)

7) Variasi Mobil Karimun Wagoon
(My Blue Lagoon Lagi Dimandiin)
Berhubung hutang mobilnya sudah lunas, saatnya mempercantik mobil kesayangan saya, Karimun Wagoon GL Blue Lagoon yang bulan Desember 2016 kemarin sudah membayar pajak di tahun kedua. Aksesorisnya dimulai dari hiasan handle pintu, hiasan lampu depan dan lampu belakang, variasi knalpot, pasang spoiler dan alat charger hp di mobil.
(Ayo Kita Keliling Palembang... Hihihi)
Lumayan, habis sekitar dua jutaan. Masih ingin ganti velg dan ban mobilnya diperbesar. Masih pengen menambah lampu senjanya yang memang tidak ada ketika beli.Udah, itu dulu. Saya mah orangnya gak muluk-muluk, yang penting mobilnya tambah keren aja secara umum. Hehehe...

8) Sepatu Andrew dan Skechers
(My Andrew)
Nah, entah boros, entah ingih menikmati hidup. Tampaknya bulan Januari 2017 ini saya gila beli sepatu. Mungkin 5 pasang sepatu ada yaaa... Hahaha... Awalnya lebih suka beli yang diskonan tapi bermerk. Sudah buat anggaran sendiri untuk sepatu. Tapi, bulan ini, saya juga membeli sepatu termahal yang pernah saya beli. Yups, sepatu Andrew urutan nomor satu. Kemudian sepatu Skechers nomor dua. Trus, sepatu Wakai nomor tiga. Yaah, yang penting saya bersyukur atas semua rezeki dari Allah SWT. Salah satu cara untuk menikmati rasa syukur itu ya, dengan membelanjakan rizki yang saya terima dengan sesuatu yang saya sukai. Alhamdulillah pokoknya...

Well, itulah 8 hal yang paling berkesan bagi saya di bulan Januari 2017. Awal tahun yang menyenangkan memang... Saya suka bulan Januari ini. Kalau kamu, suka juga gak dengan bulan Januari 2017

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...