Selasa, Januari 20, 2009

NPWP Nita

Ehem, ehem! Akhirnya, aku juga bisa mengatakan, "Aku punya NPWP, lho..." Yups, itu betul! Sejak tanggal 10 Januari 2009, namaku terdaftar sebagai salah satu pemilik NPWP (Nomor Pengguna Wajib Pajak) di KPP Pratama Ilir Barat Palembang.
Kenapa punya? Ya, pengen aja menjadi warga negara yang baik. Hohoho! Kebetulan ada temen yang mo bantu nemenin ke KPP, ya udah, hayooo.... (Siapa ya??? Hehehe!)
Ngurusnya gak sulit kok. Aku cuma bawa 3 berkas, yaitu:
1. Fotokopi KTP
2. Surat Keterangan dari Kelurahan tentang domisili
3. Surat Keterangan dari kantor kalo terdata sebagai karyawan
Nah, nih cerita aku waktu mengurusnya!
Yang nomor 1, gampang kali ya, cuma ke warung fotokopi trus difotokopi KTPnya. Kalo yang nomor 2, aku harus ke Kantor Kelurahan Srijaya, Sukarami, Palembang. Nah, disini, aku ditanya-tanyain dulu, buat apa bikin surat keterangan? Lugas, aku jawab untuk bikin NPWP. Ditanya lagi, ada surat pengantar dari RT ato RW gak? Yaelah, buat apa coba? Nah, mulailah aku bikin alasan biar apa yang aku mau dapat hari itu juga. Aku bilang, temenku yang mau nemenin aku bikin NPWP itu buru-buru mo ke Jakarta, jadi harus hari ini udah jadi. Padahal, emang sih, mo hari apa aja tetap aja gratis. Hee!
Akhirnya si petugas kelurahan minta tanda lunas PBB. Yaelah, mana ngerti aku? Yang ngurus itu kan nyokap. Untungnya ada petugas yang kenal dengan keluargaku, dan untungnya juga ternyata berkas PBB rumahku masih tertinggal di kelurahan tersebut. Yups, surat keterangan itu pun jadi. Dan uang sebesar Rp 10.000,- keluar sebagai ucapan terima kasih. (Ini uang apa ya sebenarnya namanya? Hee...)
Untuk berkas nomor 3, hehehe, yah aku bikin sendiri, secara gak ada yang lebih tinggi jabatannya di GSC Sudirman. Seharusnya minta ke franchisor sih, tapi ah, ribet banget... Dan untungnya berkas-berkasku semuanya diterima oleh petugas pajak di KPP Pratama Ilir Barat. Waktu diterima, dicatet, trus dikasih print kertas yang tercantum kapan kartu NPWP-ku bisa diambil. Abis itu? Yah, pulang... Sebentar kok, gak sampe 10 menit. Pas masuk ruangan, yah, kayak di bank, ngambil nomor antrian dulu. Oya, pas ngasih tau kalo kita mo bikin NPWP, ntar petugas yang ngasih nomor antrian juga akan ngasih form 2 halaman untuk kita isi.
Tanggal 15 Januari 2009, aku kembali ke KPP bersama temanku tadi (Oke-oke, namanya Tomi. Oke-oke lagi, dia kan anak Pajak STAN, jadi dia semua yang kuminta untuk bantu ngurus dan ngambil. Hehehe...)
Dan walaupun dia masih suka nanya-nanya reseh:
1. Ngapain sih bikin NPWP?
2. Yah, kartunya cuma laminating gak kayak ATM seperti punyaku, dll
Aku tetap gak peduli. Hue'e'e... Kata orang sih, aku idealis. Jadi kalo udah tahu itu harus dilakukan, yah dilakukan. Hm... Tadi baca artikel bagus yang ngupas tentang apa itu NPWP. Enak banget sih, kalo langsung copy paste aja ke blogku tapi... Jangan ah... Ini aja, aku kasih tahu linknya yah.... Kalo mo tau apa kegunaan NPWP bisa buka di :
1. www.pajak.go.id
2. nurfika.blogdetik.com (Artikel: Kenapa Harus Punya NPWP?)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...