Rabu, Juli 09, 2014

Diskusi Buku "Pempek Palembang" di Event Kompas Gramedia

Buku “Pempek Palembang” kembali unjuk gigi. Kali ini diskusi yang bertujuan untuk kembali memperkenalkan kehadiran buku ini di tengah masyarakat Palembang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia.

Kegiatan ini mengambil bagian dari event Kompas Gramedia yang bertajuk THR (Time for Holiday on Ramadhan) yang berlangsung selama 28 Juni – 13 Juli 2014 di Atrium Wings Palembang Indah Mall (PIM). Tepatnya, diskusi buku “Pempek Palembang” berlangsung pada hari Selasa, 8 Juli 2014 pukul 14.00-16.00 WIB kemarin.

(Buku "Pempek Palembang" unjuk gigi di PIM)
Dengan moderator Anggi Dwijaya, materi diskusi yang disampaikan oleh penulis bukunya langsung, Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A berlangsung dengan penuh wawasan mengenai bagaimana pendeskripsian identitas wong kito yang dilihat dari sudut pandang kuliner, yang dalam hal ini adalah pempek.

(Berfoto Bersama Seluruh Peserta dan Penyelenggara)
Selain diskusi, acara juga diisi dengan pemutaran video liputan tentang buku “Pempek Palembang” dan pembagian doorprize dengan hadiah 2 buku Pempek Palembang + sticker, 1 mug Pempek Palembang + sticker, dan 3 buku dari Gramedia. Hadiah diberikan langsung oleh penulis setelah melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang meminta jawaban yang benar dari para peserta diskusi dan para pengunjung stand bazar buku murah Kompas Gramedia tersebut.

(Penyerahan Door Prize kepada Peserta yang Beruntung)
Dari diskusi ini, selain ikut menggelar stand buku “Pempek Palembang” dan stand STISIPOL Candradimuka, penulis juga mengharapkan bahwa pempek sebagai ikon kuliner Kota Palembang tidak hanya disukai karena rasanya tapi juga dipahami bahwa keberadaan pempek merupakan kebudayaan yang sangat erat dan tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan masyarakat Palembang sendiri yang lebih sering disebut dengan istilah wong kito.

(Tim Diskusi Buku "Pempek Palembang")
Terima kasih patut disampaikan kepada pihak penyelenggara kegiatan, dalam hal ini Kompas Gramedia, yang terwakilkan oleh Erwin dari Toko Buku Gramedia Atmo yang sejak awal menghubungi penulis untuk menawarkan kegiatan ini. Kemudian kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma angkatan 2013 yang juga mengikuti mata kuliah Sosiologi Komunikasi yang penulis ampu karena ikut hadir sebagai bagian dari peserta.

(Saya dan Orang-orang Tercinta)
Terima kasih juga kepada mahasiswa STISIPOL Candradimuka, yakni Ayes yang bertugas menjaga stand buku “Pempek Palembang” dan brosur STISIPOL Candradimuka, Anggi sebagai MC, dan Rama sebagai fotografer. Serta terima kasih kepada ibu tercinta yang sudah ikut hadir dan Fafa yang turut menemani sejak awal acara. Terakhir untuk seluruh pengunjung yang sudah memperhatikan jalannya acara dan ikut langsung membeli buku “Pempek Palembang”. Terima kasih untuk kalian semua dan sampai jumpa pada kegiatan-kegiatan buku “Pempek Palembang” selanjutnya. ^^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...