Sabtu, Mei 06, 2017

Baru Diluncurkan, GenPI Sumsel 9 Jam Trending Topic No 1 di Twiterland

Wow. Dua jempol buat GenPI --Generasi Pesona Indonesia-- Sumatera Selatan (Sumsel). Lebih dari 9 jam, menduduki posisi paling puncak dalam daftar trending topic nasional di Twitter. Sejak pukul 10.00 hingga malam, hastag #GenPISumsel masih bertengger di tangga paling atas.

"Istimewa!  Terima kasih para netizen, bloggers,  vloggers, youtubers, selebgram dan semua aktivis media sosial yang turut menyemarakkan peluncuran GenPI Sumsel di media online dan media sosial," ucap Kadispar Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Hotel Arista, Palembang, Sabtu, 6 Mei 2017.

(Generasi Pesona Indonesia Sumatera Selatan)
GenPI Sumsel, menurut Irene Camelyn memang diikuti oleh para netizen yang sudah lama berkolaborasi dengan tim Dispar Sumsel. Persisnya sejak Februari 2016, atau lebih dari setahun lalu. Karena itu, ketika diaktivasi dalam wadah GenPI, mereka langsung tune in.

Selain itu, hadir para "pendekar medsos" dari GenPI Aceh, GenPI Sumbar, GenPI Jateng, GenPI Lombok Sumbawa, GenPI Maluku, GenPI Jabar dan GenPI Jatim yang turut menyaksikan peresmian GenPI Sumsel itu. "Terima kasih, GenPI menjadi motor penggerak untuk mempromosikan pariwisata, mengangkat potensi alam, budaya dan buatan di Sumsel," jelas Irene.

(GenPI Sumsel Foto Bersama GenPI Jateng dan GenPI Lombok)
Presiden Joko Widodo memang sempat merasakan, greget Palembang sebagai host Asian Games 2018 bersama Jakarta, sangat kurang. Suasana menjelang pesta olahraga Negara-negara se Asia itu masih jauh dari yang diharapkan. "GenPi Sumsel ini akan menjadi salah satu media untuk menghebohkan kesiapan daerah dengan destinasi wisatanya," harapnya.

Staf Khusus Menpar Bidang Komunikasi, Don Kardono menjelaskan GenPI adalah komunitas netizen yang memiliki perhatian khusus di bidang pariwisata. Sebagai community, sekaligus berperan sebagai media endorser yang dalam Pentahelix (ABCGM) --Academician, Business, Community, Government, Media-- menempati dua folder sekaligus.

(Pemukulan Gong Oleh Don Kardono dan Irene Camelyn Sinaga)
Satu lagi, lanjut Don Kardono, sebagai media (M), karena mereka juga semakin efektif menyampaikan message atau pesan, reportase, dan bisa membuat viral. Media adalah penyampai pesan ke publik, dan mereka bisa melakukannya. Channel-nya media sosial. Juga bisa menjadi community (C), karena mereka punya minat yang sama, berada di alam digital yang sama, dan sama-sama concern di pariwisata.

Di mana letak asyiknya bergabung dengan  GenPI? Sementara, itu adalah pekerjaan volenteer, tidak dibayar, tidak menghasilkan uang secara langsung? Don menjelaskan panjang lebar soal benefit dan intengible assets yang bisa divalue.

(City Tour GenPI Sumsel ke Kampung Almunawwar Pasca Launching)
"Pertama, networking! Dunia medsos itu asyiknya adalah networking, semakin banyak followers, subscribers dan friends di dunia maya, dengan engagement yang kuat, dia akan menjadi trendsetter. Punya pengikut yang fanatik, dan ditandai dengan comments, repost, retweet, nge-tag, nge-like. Ketika punya pertemanan yg kuat, maka mereka laku menjadi endorser yang kuat pula," ungkap Don Kardono.

Kedua, GenPI adalah aktualisasi seseorang di era digital, sebagai gaya hidup digital. Pariwisata adalah digital lifestyle. "Anak-anak muda sekarang, tidak menabung untuk membeli rumah atau tanah. Mereka mengumpulkan duit untuk bisa selfie dan nge-vlog di Raja Ampat, Labuan Bajo, Wakatobi, Lombok Sumbawa, Bali, Kepri, Borobudur, dan destinasi lainnya!" kata Don.

(Pak Don dan Bu Irene Memberikan Penjelasan Tentang Value Ikut GenPI)
Kalau di Instagram, Facebook, Path, Twitter, Youtube, WA status --layanan terbaru WhatsApp--, penuh dengan foto-foto destinasi yang eksklusif, alam yang keren, budaya yang khas, tidak semua orang bisa ke sana, semakin bergengsilah pemilik akunnya. Semakin di-follow banyak netizen lain. "Itulah ciri khas digital lifestyle, ketemu apa saja, mengutamakan foto dan selfie, lalu di share di media sosial," ungkap Don.

Ketiga, apa asyiknya GenPI? Presiden Jokowi di banyak forum resmi meyampaikan bahwa core economy bangsa ini adalah pariwisata. Sektor yang paling bisa berkompetisi di level dunia. Sampai-sampai Menpar Arief Yahya menyebutnya pariwisata adalah cara yang paling cepat dan paling murah, untuk mendapatkan devisa, menaikkan PDB dan menyerap tenaga kerja.

"Karena itu, kalau punya interest di pariwisata, dan aktif di medsos, silakan bergabung di komunitas GenPI! Generasi Pesona Indonesia," ajak Menpar Arief Yahya.

(Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya)
Apa saja aktivitasnya? Stafsus Menpar Don Kardono menyebut: populerkan apapun juga soal pariwisata. Patokannya, Calender of Events (CoE) dari masing-masing daerah. Lebih menarik, lebih heboh, lebih asyik. "Golnya adalah menjadi pembicaraan publik, yang biasanya menjadi trending topic di medsos," katanya.

Kalau di jurnalistik ada istilah Kode Etik Jurnalistik, maka di GenPI pun ada kode etiknya. Hindari SARA, hindari Hoax, lebih ke sharing informasi seputar pariwisata, baik destinasi, pemasaran, maupun kelembagaan atau SDM.

(GenPI Jateng Juga Ikut Dalam Bus City Tour)
Ketua GenPI Jateng, Shafigh Pahlevi yang diberi waktu mempresentasikan aktivitas netizen Jateng juga menyampaikan testimoninya. Dulu, saat pembentukan GenPI Jateng juga bisa menahan trending topic hingga 9 jam. "Kami bangga berada di komunitas GenPI yang asyik ini," ujar Shafigh yang sudah langganan bikin trending topic itu.

Ketua GenPI NTB Siti Khotijah, yang populer dengan akun Jhe Ipul itu juga mempresentasikan perjuangan hebatnya memulai komunitas ini, hingga punya anggota 300 orang ini. GenPI Lombok Sumbawa inilah salah satu cerita sukses dari Halal Destination Award Lombok tahun 2015 dan 2016.

"Masih belum yakin dengan GenPI? Please deh! Pariwisata Indonesia ini pangas mendapat support para netizen untuk menjadi nomor satu di dunia!" kata Jhe Ipul. Para ketua dan aktivis GenPI lain pun, ikut mengamini. Mereka adalah Aries Purnama (Sumbar), Inggit Erlianto, Yelli Sustarina, Shafigh Pahlevi (Jateng), Wahyudi (Jateng), Fajra, Agus Wibowo dan Robby Sunata Ketua GenPI Sumsel yang terbaru.(gir)

http://nasional.indopos.co.id/read/2017/05/06/97473/Baru-Diluncurkan-GenPi-Sumsel-9-Jam-Trending-Topic-No-1-di-Twiterland

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...