Sabtu, Juli 24, 2010

Kuliah S2 Yuks!?

Hai, pa kabar, semuanya? Semoga slalu sehat yaaa... Makasih untuk selalu setia mengunjungi blogku, baik untuk sekadar melihat tanpa nulis koment, ato yang udah menyempatkan waktunya menulis koment, apapun itu. Yang jelas, aku selalu memantau angka pengunjung yang hadir, yaah... sedikit demi sedikit, angkanya udah lumayan. Hee… *klo nulis koment, lebih menyenangkan, sih... ^^*

Oke, sekarang aku mo berbagi cerita lagi untuk kalian semua dan kali ini aku bercerita tentang dunia baru yang akan segera kumasuki. Yups, kuliah lagi! Tapi kali ini di tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya, tepatnya di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan program studi Kajian Budaya dan Media (KBM).

Tau tentang KBM sendiri karena ngeliat-liat pilihan program studi di situs Pascasarjana UGM bulan Januari 2010 lalu. Kan aku emang nyari yang cocok untuk melanjutkan pendidikanku sebelumnya yang ambil Ilmu Komunikasi. Rasanya sayang untuk ambil jurusan laen, seperti MM ato MAP yang di Palembang sendiri sebenarnya juga ada. Dan ternyata, aku pun udah tergabung di grup facebook KBM itu sendiri karena diundang oleh Mas Anhar, leluhur di organisasi yang kuikuti pas S1, LPM VISI FISIP UNS.

KBM sendiri kalo liat profilnya di situs Pascasarjana UGM merupakan sebuah program studi pascasarjana yang hendak mengantisipasi perkembangan budaya yang semakin termediasi dan terkomodifikasi dalam konteks ekonomi dan teknologi global. Untuk itu, program studi KBM bertujuan untuk mengembangkan kapekaan serta kemampuan dalam memahami dan menjelaskan implikasi-implikasi produk-produk budaya yang termediasi dan terkomodifikasi tersebut. *hee... rada mumet yaa bacanya? nih, mo belajar apaaa???*

Kalo mo jelas, ini nih daftar mata kuliah yang nanti bakal kupelajari:

I. Mata Kuliah Wajib
1. Dasar-dasar Kajian Budaya
2. Teori-teori Media
3. Teori-teori Kritis dan Posmodernisme
4. Poskolonialisme dan Neokolonialisme
5. Semiotika Media
6. Analisis Wacana
7. Etnografi Media
8. Ekonomi Politik Media
9. Seminar Proposal
10. Tesis
    II. Mata Kuliah Pilihan
    1. Kebudayaan Visual
    2. Media, Gender, dan Seksualitas
    3. Media dan Politik Representasi
    4. Industri Budaya dan Media
    5. Multikulturalisme
    6. Globalisasi, Lokalitas, dan Demokrasi
    7. Kajian Kritis Iklan
    8. Cyberculture dan Digitalisasi Masyarakat
    9. Gaya Hidup dan Budaya Konsumen
      Yah... Itulah kira-kira dunia yang bakal kumasuki mulai Agustus 2010 ntar sampe 2 tahun ke depan. Aku emang gak ambil beasiswa, nih murni biaya sendiri. Rada susyeeh mo rebutan beasiswa, apalagi kemaren aku bukan PNS atawa dosen. Jadi, maju terus diawali dengan menyisihkan gaji di bulan Januari 2010 lalu sebesar Rp 500.000,- untuk bayar biaya pendaftaran via Bank BNI Musi Palembang. Abis bayar, dapet kode unik untuk kemudian melakukan pendaftaran on-line di situs Pascasarjana UGM. *thanks God buat kemajuan teknologi. jadi gak harus bolak-balik Palembang-Yogyakarta cuma buat daftar doang...*

      Usai daftar on-line baru ngumpulin berkas-berkas buat dikirim ke UGM. Apa aja yang harus kukumpulin? Nih, dia:
      1. Salinan Ijazah sarjana (S1) yang telah disahkan. *langsung ada, coz lulus kemaren langsung legalisir 20 lembar. hee...*
      2. Salinan transkrip akademik yang disahkan. *sda*
      3. Surat Rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon. *thanks a lot buat dosen s1-ku di Ilmu Komunikasi UNS Solo, Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D sama bosku di Super Bimbel GSC, Muslim Haprianto, SIP yang udah ngasih rekomendasi positif*
      4. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S2 yang berisi alasan, harapan dan rencana pendidikan S2. *nah, ini, bolehlah aku bagi khusus buat kalian pengunjung setia... hee... nih dia...*
      5. Surat izin instansi (bila sudah bekerja) *aku gak pake ini, kan kalo kuliah ntar, mo resign, sekarang emang udah resign beneran*
      6. Surat keterangan jaminan pelunasan biaya studi dari instansi/pernyataan kesanggupan biaya sendiri. *iya-iya, takut amat sih... hee... pake materai, nih...*
      7. Amplop berperangko disertai dengan nama dan alamat calon pelamar. *gak tau kegunaannya buat apaan, tapi yaa... nyertain juga*
      8. Bukti penyetoran biaya seleksi sebesar Rp. 500.000,- *ini mah gak perlu sebenernya, kan udah diganti sama form pendaftaran on-line*
      9. Surat keterangan sehat dari dokter. *dapet dari puskesmas deket rumah*
      Udah terkumpul semuanya, baru kukirim ke DAA UGM bulan Februarinya. Bulan April, aku resign dari tempat kerjaku di Palembang, yups dari GSC. Kebetulan emang abis masa kontrak sih, pas 2 taon. Ya udah, istirahat, sekalian nemenin suami di Serang, ma sekalian belajar buat tes masuknya. Untuk tes masuk aku ikut yang gelombang II, 23 Juni 2010. Tes itu sendiri terdiri dari tes TPA (skor min. 500) dan skor TOEFL (skor min. 450).

      Nah, kemaren, tanggal 22 Juli 2010, akhirnya pengumuman pun keluar. Fiuuuh... Akhirnya resolusiku tahun ini yang pengen ngelanjutin kuliah ke jenjang S2 akan segera terwujud. Aku dinyatakan lulus secara akademik, dan harus melakukan proses registrasi bulan Agustus ntar. Alhamdulillah... Ternyata usahaku gak sia-sia. Sekarang, siap-siap aja buat itu. Buat apa? Yaa, buat jadi mahasiswa lagi.... Hee... Yuks, kuliah S2 yuuuk......!!?

      35 komentar:

      Amelia mengatakan...

      Selamat ya, nit buat S2-nya. Maju terus, bu... Semoga sukses selalu.

      Tomcats mengatakan...

      Emang biaya buat S2 berapaan y???

      Devi mengatakan...

      ntar, klo dah lulus dari sana gelarnya apa, nit?

      Bintang mengatakan...

      Mbak Nitaaaa.... Lulus ya, S2 UGM-nya? Yah... bakal lama gak ke Palembang lagi, dong Mbak? Semoga sukses selalu aja, yaaa.... :)

      Nita mengatakan...

      Amel: thanks, Mel... sukses jg buat kerjaannya... lebih asyik, tuh, panen duit trusss... hehehe...
      Tomcats: klo mnurut profil s2 ugm sendiri sekitar 21-35 juta.
      Devi: kata kakak tingkat sih gelarnya ntar MA. nyari di google, kpanjangan MA = Master of Arts
      Bintang: ke Palembang lg lah... masa g? kampung halaman, bok! lebaran ntar mudik kok... :)

      xvader mengatakan...

      whoaaa... asyik-asyik euy mata kuliahnya :D

      btw, itu masuk fakultas apa, mbak? masih di ranah fisip/fikom atau yang lain?

      saya saat ini tengah melompat ke jalur yang sedikit melenceng dari ilmu komunikasi, yakni di magister manajemen, but, still i enjoy and find so much fun and new knowledges and materials to learn. niatnya sih ntar masih mau lanjut belajar ke jalur komunikasi, semoga rezeki allah terus mengalir serta diperkenankan-Nya untuk terus belajar. amin... :D

      Nita mengatakan...

      Xvader: Iyaaa... Kayaknya asyik, smoga emang demikian. Hihihi... Itu fakultasnya: Multi Disiplin. Aneh ya? Tp emang begitu... :) Iya, MM, gak melenceng2 amatlah dari Ilmu Komunikasi. Buat masa depan, MM sangat bguna... Bisnis, dunia kerja. Awalnya pengen MM jg, tp pikir2... Sayang ilmu S1-nya... :)

      azzam mengatakan...

      duh ... kayaknya enak klw bs nerusin S2 ya,.. ngomong2 kira2 budget total biaya S2 di UGM brp ya?

      Nita mengatakan...

      azzam: setiap jurusan bbeda biayanya. klo utk jurusan Kajian Budaya & Media, krn persemesternya 6 juta, jd total biayanya: 24 juta... :)

      Muhammad Zaki Al Aziz mengatakan...

      Postingannya menarik mba :)
      kebetulan aku lagi cari info buat kuliah di KBM sana dan mudah2an aku bisa lolos kuliah di UGM.

      Mba pas masuknya tidak ada test2 lain lagi gitu ?!mohon advice nya yah mba. ato kirim jawaban via imel aja mba di skhatzey_2006@yahoo.com

      terima kasih mbak :)

      Nita mengatakan...

      zaki: g ad zaki, cm TPA & TOEFL ajaaa... 1 hari testnya. kmrn TOEFL-ku sempet g mcapai, trus dpenuhi minimal 1 tahun masa kuliah. skrg sih, ud. klo TPA-ku lumayan tinggi. jd it slg mlengkapi...

      HERI WIBOWO IK HUMAS 1_418017177 mengatakan...

      mbak studi KBM dlm satu angkatan ada berapa orang? banyak gak yg diterima? yang dari kampus swasta bnyak ga? saya tertarik juga nih masuk sana :D

      Nita mengatakan...

      klo angkatanku (2010) ad skitar 20 orang.. mnurut pengelola taon 2011 kmrn ad penurunan lantaran proses seleksi yg lebih ketat. tau tuh ad tes Accept (klo g salah, hehehe) pganti TOEFL yg bikin banyak calon s2/s3 ugm jd btumbangan... ada juga yg dari swasta. smua tgantung tes & terpenuhinya persyaratan, heri... :)

      Anymouzez mengatakan...

      Wah,mksh ya mbak... blogx sngat bermanfaat nih,. kbtulan thun ni aq brncana mw lnjutin s2 di ugm. kira2 bisa ksh saran gk mbak, dmn t4 kursus bhs ingg yg brkualitas di sktrn ugm (jogja) utk mningkatkan nilai tes Accept (toefl)??, mklum aq asalnya dr luar jawa...

      A_line mengatakan...

      Hi, mbak nit salam kenal... Kbetulan lg googling ttg KBM UGM, trus nemu blog ini...;-)) Alhamdulillah aku baru lulus sidang minggu lalu dan wisudanya bln maret ntar mbak...insyaallah aku ada rencana lanjutin S2... Cuman masih ragu2, krna belum ada t4 bertanya yg pas... Mbak tolong email ke aku dunk ttg perkuliahan yg udah mbak jalani sejauh ini... Trims lho mbak b4.

      ........................ mengatakan...

      mbak, minta contoh surat Surat Rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik donk, thanks :)

      Nita mengatakan...

      anymouzez: saya mnyarankan tes aja dulu, klo g lulus br nyusul. hehehe! ut les, saya lbh prefer ke t4 resminy ugm aja di pusat pelatihan bahasa ugm. ak kmrn ikut it, alhamdulillah lulus akhirny. :)
      aline: perkuliahanny seru. kemaren s1nya apa? KBM satu2ny di Indonesia cm ad di UGM lho! :)
      ....: UGM ud ngasih formatny, kita tinggal isi. :)

      Anonim mengatakan...

      hola mba nita, salam kenal ya, saya Ninna. Kebetulan saya pingin ambil itu tahun ini, melenceng jauh sih dari S1 saya yang dari psikologi :):)
      masalahnya, saya kebingungan njelasin ke orangtua, itu kalo lulus nanti kerjanya dimana ya? hehehe, trims infonya...

      ziarahzaman mengatakan...

      mba nita, berarti sekarang sudah tunggu sidang tesisnya dong?

      di sana biaya tinggal inapnya berapa kira2? ada wisma khusus UGM ga? atau ngekos?

      ziarahzaman mengatakan...

      cek

      Anonim mengatakan...

      ada update ttg kegiatan perkuliahannya ga? rencana mau ambil jurusan ini juga soalnya ...

      Nita mengatakan...

      Ninna: Maaf ya, baru sempet balas skrg.. Saya sih mnyarankan ambillah S2 yg linier dg S1 kmrn, krn pendidikan di Indonesia skrg mnekankan yg linier. Klo tetep mo ambil S2 KBM, ini anggap sbg media kritis kita dalam mngatur pola pikir.
      ZiarahZaman: Maaf jg baru balas. Klo skrg, saya sudah lulus dari S2 KBM. Ada byk tempat penginapan dYogya, dg variasi harga. Tinggal pilih aja..
      Anonim: Kalo update cerita kuliah saya dulu bisa diliat yg labelnya Kajian Budaya & Media. Kalo yg terbaru, saya kurang tahu krn saya sendiri sudah wisuda Juli 2012 kemarin. :)

      Anonim mengatakan...

      Itu spp nya dibayar per smtr ato langsung dua thn ya? Trus ada biaya sks sendiri ga?thx

      Nita mengatakan...

      Kalo ut KBM UGM, spp dibayar per semester dan tidak ada biaya sks. Langsung per paket.

      Reminiscence mengatakan...

      Wah, makasih banget udah share, saya baru aja mau mendaftar pascasarjana ugm... terima kasih udah mau share seluk beluk tentang pascasarjana mbak :D

      Anonim mengatakan...

      salam mba nita,
      mau nanya, apa mata kuliah yang dipelajari dalam prodi KBM itu dalam kenyataannya sesuai dengan yang ditampilkan di website resminya UGM? Soalnya saya lihat dalam prodi itu ada minat studi Sistem Informasi dan POerpustakaan.
      Apakah setelah diterima yang dipelajari itu yang ditampilkan di website ataukah yang saya harus memilih minat studinya?

      Unknown mengatakan...

      SEMOGA saya dapat keempatan juga u S2..amin

      Anonim mengatakan...

      Mbak nita berapa biaya spp persemester ?

      perkofashion mengatakan...

      wowwww,selamat mbak untuk S2nya. Saya lagi cari artikel S2 neh. Pengen lanjut sekolah,hehehehe

      Idho'_Lontara mengatakan...

      pengen nanya mbak,kemarin aku dah tes tpa.tp skor aku cuma 433.
      bisa dipake daftar nggak dengan nilai segitu.
      Thank's...

      organit.blogspot.com mengatakan...

      mbak pas lulus nilai toeflnya/aceptnya brapa?

      Unknown mengatakan...

      Saya sempat2kan untuk nulis coment mb sekaliam buat ninggalin jejak,

      admin mengatakan...

      salam kenal mbak. saya kepengen lanjut kuliah dan salah 1 jurusan yg "sempet" menarik di paska Kajian Budaya dan Media. Mohon reviewnya mbak, seperti apa lingkungan belajarnya, apa saja ruang lingkup subyek belajarnya, dst. tks sebelumnya.

      Unknown mengatakan...

      Salam kenal mbak, kebetulan sy tertarik dengan s2 kajian budaya dan media UGM. Tp masih ragu2 krn sy lulusan ilmu komunikasi. Pertanyaan saya, apakah KBM masih linier dengan ilmu komunikasi? Terima kasih

      Unknown mengatakan...

      waah... saya juga lgi nyari info nih pengen lanjut di UGM tapi toefl nya inih bikin ragu :'(
      mbak mau nanya donk,yang rekomendasi dari dosen itu wajib ada yah?

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...