Minggu, April 14, 2013

Srikandi Blogger 2013 dan Nita

Kalo denger kata “Srikandi”, saya jadi teringat nama kost saya ketika di Solo kemarin. Yups, waktu menempuh pendidikan di S1 Ekstensi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret. Sekitar tahun 2005-2008. Masih unyu-unyu gitu... *Blegh, nyiapin kantong muntah.. Hihihi..

Saya dipanggil Mbak Nita oleh 40-an anak kost yang lain. Iyeeeh, coz yang lain pada anak baru semua, angkatan 2005 semester I. Keberadaan kost putri yang emang baru jadi pas tahun ajaran baru 2005-2006 itu emang menyebabkan penghuninya para pendatang baru di Solo, termasuk saya. Saya dianggap baru, karena sebelumnya saya tinggal di Yogyakarta, menempuh pendidikan di D3 Public Relations FISIPOL Universitas Gadjah Mada. Berhubung di UGM gak ada program ekstensi Ilmu Komunikasi, alhasil, usai lulus D3, saya pun langsung hijrah ke Solo aka Surakarta, tempatnya Pak Jokowi yang terkenal itu tuuuuh.. Hehe..

(Lemariku di Kost Srikandi - Solo)
Jadi... Kalo denger kata “Srikandi”, selain ingat kost saya di Solo dulu dengan keseruan persahabatan para penghuni di dalamnya, yang terbayang dalam benak saya lainnya adalah seorang tokoh pewayangan cewek, sosok yang cantik, pintar, kuat, dan memiliki nilai kharismatik tersendiri. Nilai kharismatik tersendiri inilah yang membuatnya hebat karena menjadi dirinya sendiri. Memegang teguh prinsip hidupnya sendiri, dan terus berjuang untuk meraih mimpinya sendiri. *hoho, mulai berat niiih bahasanya... :D “Bik.. kurangin dikit deh jeruknya...” haha, apa ini?? :P

Yah, akhirnya saya kembali bertemu dan langsung dekaaaaaaaat banget dengan kata Srikandi sejak bergabung dengan Komunitas Emak2 Blogger (KEB) dan mengikuti ajang kontes pemilihan Srikandi Blogger 2013. Ajang kontes yang luar biasa, menurut saya... Iyaaaah, siyuuuus... *pasang muka serius... Deng! Deng! Hoho..

Saya memberanikan diri ikut kontes karena ketika pertama kali ketemu blog KEB dan membaca info tentang kontes itu, saya langsung yakin, nih kompetisi mesti seru, mesti menarik, dan mesti banyak hal oke yang bisa saya pelajari karenanya. Peluang masuk 50 besar kemaren ngarepnya masih fifty-fifty, abis bener-bener di detik-detik terakhir baru ikutan join di KEB, apalagi memenuhi persyaratan kontes. Tapi semua syarat dipenuhi kok! Full!! Hee...

Well, ketika diumumin masuk 50 besar pun, pokoknya langsung nulis komen aja “Selamat yaaa, buat yang menang... Sukses ya, emak-emak!” Gak ngerti, ternyata ketika dibaca keseluruhan, eh, nama saya ikutan nangkring di no. 44... Waaaaaah, suuueeeeneeeeng buangeeeet, euy! Gak nyangka aja bisa masuk 50 besar... Makasih yaaaah, buat Makpan dan Makjur yang udah milih saya... Katanya ada 150 resume gitu yaa, yang masuk di meja panitia.. Hm, saya masuk 50 besar? So greaaat... :D

Akhirnya, ketika masuk 50 besar inilah kebermanfaatan menjadi anggota KEB lebih terasa. Beneran... Kalo saya pribadi, masuk di komunitas ini, saya tiba-tiba jadi menemukan nuansa yang mungkin sudah sejak dulu saya cari. Di sini saya banyak melihat sosok-sosok wanita yang luar biasa, yang mau berbagi dengan berbagai ilmu, keterampilan, dan pemahaman yang dimilikinya kepada orang lain. Sangat humanis...

(Nita, Calon Srikandi Blogger 2013 :D)
Jadi... Kalo kemudian saya disuruh untuk menuliskan tentang harapan, mimpi, dan langkah ke depannya jika (Insya Allah) terpilih untuk menang di ajang Srikandi Blogger 2013 (Amiiiiin... Hee...), tentu saja hal yang saya lakukan adalah terus mengembangkan karakter KEB yang begitu humanis ini ke dalam jumlah yang lebih besar.

Memang sudah saatnya, kita mulai menyadari bahwa kita bahagia itu bukan ketika kita punya harta berlimpah, tapi ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Memberikan sumbangsih berupa tulisan, lalu tindakan, jelas sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita sekarang, ketimbang hanya dalam tataran wacana saja... Harusnya begini, harusnya begitu, tapi gak ada langkah nyata, ya tetap nol besar. Hal ini jugalah yang saya tekankan kepada mahasiswa-mahasiswa saya ampu.

Oyaaa, saya belum mengenalkan profesi saya sekarang. Hehe! Ya, akhirnya, setelah lulus S1 Ilmu Komunikasi UNS, dan setelah sempat kerja 2 tahun sebagai Kepala Outlet sebuah bimbingan belajar di Palembang, saya kembali menempuh pendidikan di S2 Kajian Budaya dan Media UGM. Setelah lulus pada Juli 2012 kemarin dengan gelar Master of Arts (M.A) , per Agustus 2012 saya langsung diterima sebagai Dosen Ilmu Komunikasi di STISIPOL Candradimuka (dosen tetap dan kini menjabat sebagai Sekretaris Jurusan) dan di Universitas Bina Darma (dosen tidak tetap/luar biasa). Keduanya di Palembang.

Nah, jadi kalo dikaitkan dengan harapan, mimpi dan langkah ke depan jika menang dalam Srikandi Blogger 2013, mungkin skema sederhana berikut akan membantu menjelaskan:
Bagan "Srikandi Blogger 2013 & Nita"

Yups, ada 2 langkah yang akan dilakukan. Pertama, ikut memberikan kontribusi langsung dalam komunitas KEB dengan mengikuti berbagai kegiatan yang ada di dalamnya, melalui berbagai media yang ada di sana. Lalu kedua, juga berperan serta dalam memberikan pemahaman melalui dunia yang dijalani saat ini. Kebetulan, semester ini, sebagai dosen saya mengampu mata kuliah Teknologi Komunikasi, Penulisan Kreatif, Dasar-dasar Broadcasting, dan Periklanan untuk STISIPOL Candradimuka, dan mata kuliah Komunikasi Organisasi dan Sosiologi Komunikasi untuk Universitas Bina Darma. Jadi, ketika mengajar, dan memberikan tugas, sebisa mungkin dikaitkan dengan ikut memberikan pemahaman kepada mereka tentang kebermanfaatan media-media online, seperti blog, twitter, dan pengiriman berita ke citizen jurnalism (sripoku.com).

(With mahasiswa-mahasiswaku)
Keseimbangan antara kekritisan dalam tataran wacana dan kemahiran dalam tataran praktek selalu saya bawa ketika mengajar. Saya rasa hal ini juga tentunya senada dengan tujuan keberadaan KEB bagi para anggotanya. Dan bagi saya, adanya kontes Srikandi Blogger 2013 ini tentu juga akan semakin menguatkan tekad saya untuk tetap berjalan di track yang sudah saya rintis saat ini. Tidak mudah memang karena harus berjalan di luar kebiasaan yang sudah dilakukan oleh sistem sebelumnya, namun berada di tengah-tengah komunitas seperti KEB tentu langkah-langkah humanis untuk saling berbagi dengan cara yang kreatif dan menarik ini bukanlah suatu hal yang mustahil lagi. Betul begitu? Hehe.. Alright!! Bravo KEB, bravo Srikandi Blogger 2013! Pilih saya yaaaah... (Hehe, tetuuep, promosi.. :D)

18 komentar:

Rina mengatakan...

yaiy!! siip mak Nita! Teruskan! :)

Leyla Hana Menulis mengatakan...

Kereeeen emak2 blogger keren semuaas

Winda Krisnadefa mengatakan...

kita bahagia itu bukan ketika kita punya harta berlimpah, tapi ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain.<<---setuju sekali, mak!
semoga sukses ya mak...

meutia rahmah mengatakan...

smngat ya bu, pokoke KEB mantep deh, mg masuk 10 besar ya :)

Ratna Amalia mengatakan...

Keren euy, udah pake mind map untuk rencana kerja ke depannya. Selamat ya bu dosen !

Salam kenal balik ^_^

Nita mengatakan...

Rina: haha.. yoi, mari kita teruskan bsama sambil bgandeng tangan.. hihi..
Leyla Hana: makasih... Emak Leyla Hana jg keren.. Smoga bisa ketemu off air dg Emak yg katanya penulis hueebat.. hee.. juga dg emak2 yg laen..
Winda Krisnadeva: Amiiiin... Smoga sukses jg ut emak Winda.. :)
Meutia Rahma: Amiiiiin... Smoga jg masuk 10 besar ya emak Meutia... Hee..
Ratna Amalia: Kebiasaan bikin silabus iniiiih, hihi, jd ikutan bikin mind map ut Srikandi Blogger 2013. Iyaaa... Smoga ke depannya bisa lebih kenal dekat yaaa... :*

pipitta mengatakan...

Mak Nita... keren banget... dengan kesibukan yang numpuk masih sempat sharing di blog :)

Salut banget! Sukses terus yaaaa :) melaju ke 10 besar Srikandi Blogger 2013 :)

masrafa.com mengatakan...

Yaaakk... Dan saya pun mendadak minder bersaing dgn mbak nita di ajang SB2013.

Smog kita bisa bermanfaat bagi org lain ya mbak

Shinta mengatakan...

Smangatt mak, suksess untuk 10 besar yaa ^^

windi teguh mengatakan...

pekerjaannya kayaknya keren banget yah mak. sampe belibet lidahku nyebutnya.
semoga melaju ke 10 besar maaaak

Nita mengatakan...

Pipitta: hihi... makasih banyak mak pipitta... hanya tulisan2 sederhana ini.. *blushing
masrafa.com: waaaah... jangan gitu dooong... hee.. asli, beneran pengen ketemu dg emak2 smuanyaa off air... kapan yaaah, bisanya... hee...
shinta: amiiin, iya mak Shinta. sukses jg ut emak... :)
windi teguh: hee.. makasih banyak, mak windi.. sukses utk kita semua yaaa... :D

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

waww, keren tulisannya, mak. semoga menang yah :D

Wahyuti mengatakan...

Semoga sukses ya mak, :)

Nchie Hanie mengatakan...

Maakk Nita ibu Dosen yang Cantiik
Sukses yaa..
Semangaat menuju 10 besar Srikandi Blogger 2013

hana sugiharti mengatakan...

emak blogger srikandinya kerennn 2 ini juga aduhh makin minder

Ety Abdoel mengatakan...

Mak Nita tinggal dimano? Dulu aku pernah di plaju, 6 tahun. Salam be buat wong kito,jgn lupo mpek-mpeknyo kalo laju ke 10 besar

wina azam mengatakan...

bermanfaat untuk orang lain apalagi untuk orang" yang kita sayangi itu sesuatu banget y mak..

Reza Syahputra mengatakan...

Mbak nita, minta tips masuk ekstensi komunikasi uns dong? Dan apa saja sih persyaratannya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...