Sabtu, Maret 28, 2009

Catatan Tentang Stretch Mark

(Sumber gambar: www.italkbeauty.com)

Stretch mark adalah guratan-guratan putih di paha, perut, bokong, lengan atas dan payudara yang terjadi akibat peregangan kulit yang melampaui batas elastisitasnya. Secara medis, ia disebut "striae". Stretch mark rentan muncul pada wanita saat ia hamil atau saat badan mengalami kegemukan yang awalnya kurus. "Tapi memang paling sering terjadi pada wanita hamil, hampir 90% wanita hamil terkena stretch mark," kata dr. Nanden S. Prabu, SpKK dari Obagi Dermatologi Medical Clinics.
Dari segi penampilan, hal ini memang sangat mengganggu. Meski keberadaannya memang bisa ditutupi, namun kalau suatu ketika bagian tubuh itu harus diperlihatkan kepada orang lain, suami misalnya, tentu bikin stress sendiri.
Sebenarnya, terjadinya stretch mark ini dapat diminimalkan dengan cara:
1) Menghindari kenaikan berat badan berlebihan.
2) Meningkatkan elastisitas kulit. Dengan cukup asupan vitamin mineral (sayur, buah), minum cukup, perawatan dengan pelembab (sebaiknya alami, contohnya minyak zaitun).
3) Mengoleskan krim anti stretch mark sejak awal kehamilan. Krim ini dapat membantu "menyembuhkan" jaringan kulit yang robek, meremajakan sel-sel kulit, serta melembabkan kulit agar tidak mudah "robek" jika teregang. Namun, ada baiknya tanyakan dulu ke dokter sebelum mempergunakannya supaya aman.
4) Operasi laser. Menurut beberapa ahli, operasi ini ringan dan tidak berbahaya. Namun, agar tidak kecewa, untuk diketahui bahwa operasi ini tidak menjamin dapat menghilangkan seluruh stretch mark yang ada. Hal ini tergantung pada seberapa parah robekan kulit yang terjadi. Beberapa wanita mengaku bahwa stretch mark ini bisa hilang dengan sendirinya, namun ada juga yang mengaku bahwa stretch mark yang dimilikinya terus bertahan hingga bertahun-tahun.
Kenapa saya tertarik untuk menulis tentang stretch mark? Orang bilang, pengalaman pribadi adalah guru terbaik. Namun, pengalaman orang lain juga bisa menjadi guru paling baik kalau kita bisa memilah makna di balik itu. Dulu, sering bingung membedakan antara selulit dan stretch mark. Semakin ke sini, jadi lumayan mengerti. Di bawah ini, saya meng-upload sebuah gambar tentang stretch mark. Menurut saya, kalau yang warna merah dan menonjol, itu selulit. Selulit ini lebih mudah dihilangkan daripada stretch mark. Kalau stretch mark, itu berwarna putih, dan biasanya sulit dihilangkan.
(Sumber gambar: www.squidoo.com)

Kalau dari pengalaman pribadi, munculnya stretch mark lebih dikarenakan oleh kegemukan. Yups, jujur, dulu pernah sampai memiliki berat hingga 55 kg dengan tinggi badan 155 cm. Sempet diet ketat, dan berhasil turun hingga 47 kg. Sekarang, konstan 50 kg. Rencana mo diet lagi, apalagi mo menjelang hari H. Namun, beda juga rasanya diet pas kuliah dan pas kerja. Kerja yang diharuskan mobile ke sana-sini membuat saya cuma bisa menjalani 50% keketatan seperti diet di era saya kuliah dulu. :)
Namun, bagusnya, dampak diet dulu, bisa membebaskan saya dari selulit. Namun, sayangnya masih menyisakan stretch mark untuk terus diperjuangkan biar hilang. Hehehe! Sebenarnya, kalau gak diperhatikan banget, stretch mark yang ada itu gak ketahuan. Tapi memang sih, tetap saja mengganggu. Hik, hik, hik...
(Gambar: Salah satu produk krim anti stretch mark yang dijual di pasaran)

Nah, ini ada tips buat menghindari stretch mark. Jadi, buat kamu-kamu yang belum kena, jangan sampe kena yaa... Susah ngilanginnya, masalahnya...
1) Mengurangi kekeringan kulit.
a. Gunakan sabun yang tidak terlalu banyak mengandung soda.
b. Banyak minum agar kebutuhan konsumsi air tubuh terpenuhi.
c. Jangan terlalu sering mandi ketika udara kering (kelembaban rendah).
2. Pakai pelembab tubuh, misal krim pelembab, minyak zaitun, hand and body lotion.
3. Segera periksa ke dokter kalau ada pembengkakan di bawah kulit.
4. Hindari kegemukan atau timbunan lemak berlebihan di bawah kulit.
5. Makan lebih banyak sayur dan makan berserat, buah-buahan, yang banyak mengandung air dan protein agar diperoleh struktur kulit yang baik.
6. Mengurangi ekposur langsung dari matahari ke permukaan kulit.
Karena struktur kulit pada stretch mark berubah dari normal, maka tidak ada cara lagi untuk menghilangkan stretch mark yang sudah terjadi (meskipun banyak yang menawarkan dengan harga berjuta-juta). Bila dilakukan justru akan merusak lapisan kulit yang sehat, yaitu justru kulit yang sehat ditipiskan setebal yang mengalami stretch mark. Satu-satunya cara hanya dengan mencegah, atau menjaga agar bagian kulit yang rusak tidak menjadi lebih luas atau parah.

22 komentar:

izza mengatakan...

hy sis ... Artikelnya blh jg ni tapi saya udah terkena ni dan sudah keberapa dokter yang berbeda dan hasilnya nihil .dimana saya bisa mndapatkan krim trsbut ya ,,, makasihh

Nita mengatakan...

izza: wah, utk mdapatkannya dmana, utk yg persis sama kayak di artikelku itu ak sendiri liat2 di internet. cuma, klo yg ak tau, skrg coba pke produk cussons first year yg khusus utk strech mark...

Ingin punya anak mengatakan...

Makasih mbak informasinya sangat membantu ....

Najla Alliya mengatakan...

stretch mark memang bikin gemes

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum kak, wah aku masih remaja juga udh ada stretch mark karena badanku naik. Dari 45 ke 55 :(. Aku pake bio oil dan alhamdulillah ada hasilnya.. Hehehe

L'PIZ mengatakan...

Hai anisa pengen tau dong berapa lama pengerjaan km pake bio oil sampe ada hasilnya gitu. Makasih :)

Unknown mengatakan...

Saya juga kena tapi strechark saya timbul gmn ya

Lleda mengatakan...

halo mba, salam kenal :) saya malah tertarik sama topik diet ketat sampe turun bbrp kilo itu mba :D mba diet ketatnya gimana ya? kalo berkenan, boleh saya dikasih tau caranya mba? hehe saya cari kontak mba, tp gaada.. huhu

Unknown mengatakan...

Klo yg ssdh lahiran blm hilang2 jg gmn yaaa,,, apa msh bs dhlgkn dg krim itu?

Eneng mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Halo mba saya mau tanya, apa bedanya strech mark dengan selulit? Saya ragu apa yg terjadi pada saya ini strech mark atau selulit, padahal saya masih remaja lalu apakah bisa strech mark itu hilang dengan sendirinya?

Diva delinda mengatakan...

Berapa lama ya ngilanginnya?

Unknown mengatakan...

Hallo mba saya masih 20th dan saya punya stretchmark di paha, pinggul juga. Apakah bisa hilang ya? Kira2 pake krim atau bahan alami yang ampuh itu apa yaa? Berbagi pengalaman nya :(

Unknown mengatakan...

Hallo mba saya masih 20th dan saya punya stretchmark di paha, pinggul juga. Apakah bisa hilang ya? Kira2 pake krim atau bahan alami yang ampuh itu apa yaa? Berbagi pengalaman nya :(

Unknown mengatakan...

Pake bio oil ada hasilnya kak? Tolong info dong kak, dipake nya pas kapan aja

Via Amanda mengatakan...

Selulit emang bikin gemess, susah banget hilangnya dan bikin jadi gak pedeee.. Kalo aku sendiri treatment Anti Celullite Theraphy di The Clinic Beautylosophy sama dokter Mariani, dulu aku udah pernah pakai bahan alami sampai krim yang dipasaranpun gak berpengaruh di kulitku, sedih :(
Di The Clinic Beautylosophy selain ada perawatan menghilangkan selulit juga ada untuk ngilangin stretchmark. Aku pun sampai sekarang masih perawatan disana karena dari pelayanan nya bagus, alat-alat&treatment nya lengkap dan dokter nya pun juga profesional

Unknown mengatakan...

Kak, aku beratnya stabil kok, aku juga enggak gemuk. Tapi kok ada stretch marks di paha ya? Jadi ga pede

Unknown mengatakan...

Kebalik mbak artikelnya. Strechmark itu yg merah. Selulit itu warnanya putih. Tlg diperhatikan kembali ya

Unknown mengatakan...

Jual Obat Aborsi aborsi-tuntas.com Obat Aborsi Cytotec Asli lapakobataborsi.com Jual Obat Penggugur Kandungan lapakobataborsi.net Obat Aborsi Ampuh jualpilcytotecasli.com Jual Obat Aborsi Ampuh jualobat-aborsi.com

Anonim mengatakan...

Tdinya stretchmatch saya bnyak bgt. Sekrang sudah bersih dan jd PD sama suami. Aku pakai cream stretchmark Syafiracares. Aku beli lewat instagram. Gak instan sih, aku pakai selama 3 bulan nan dan bertahap.pdhal sblmnya smpt coba macam2 smp jutaan, di rekomendasiin sam tmn pakai syafiracares awalnya gapercaya. Ternyata emg khasiatnya mantul parahh

Ima mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
The beginner mengatakan...

Sama banget, pgn nangis aja😭

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...