Kamis, Maret 05, 2009

Kesimpulan Hidupku 3 Tahun Lalu

Hari ini, Rabu, 15 Maret 2006. Aku duduk di sini, di depan komputer kesayanganku. Aku duduk di sini setelah melewati tujuh hari ulang tahunku yang ke-22. Aku duduk di sini dengan berbagai perasaan dan pemikiran yang memenuhi diriku.

Tentang komputer kesayanganku

Aku punya komputer ini sejak lebih dari 3 tahun yang lalu. Ia Pentium II, dan punya CD Room juga CDRW. Monitornya kecil, ukuran 14’inch yang kubeli sendiri dari insentifku di Koperasi “Kopma UGM”. Harga monitor kala itu, Rp 500.000,- Ia memang ‘terpaksa’ kubeli karena monitor sebelumnya rusak. Monitor second sih…

Komputer ini selalu menemani hari-hariku. Aku suka menulis tentang berbagai hal. Tergantung mood. Dulu, saat sering sakit hati, semua tulisanku bernada kegundahan dan ditutup dengan perjuangan. Namun kini, saat yang ada adalah kebahagiaan, sepertinya aku selalu lupa menulis meski untuk menyukurinya.

Tentang Ulang Tahunku yang ke-22

Ulang tahunku tidak dirayakan. Ia hadir saat aku tengah sibuk kuliah. Namun, aku lagi-lagi harus bersyukur. Sms-sms maupun ucapan langsung dari sahabatku senantiasa hadir mengucapkan “Selamat Ulang Tahun, Nita…” Aku juga mendapatkan paket kado dari keluargaku di Palembang. Ibu memberiku tas kecil, Yuk Empit memberiku dompet, Dewi memberiku bros, dan Dian memberiku bingkai foto. Semuanya bagus…

Tentang perasaan

Perasaan ini terus berganti dan berkecamuk dalam hatiku. Aku kadang bingung, kadang khawatir, kadang merasa bosan. Aku hanya berusaha untuk yakin dalam hatiku bahwa aku tidak salah. Aku selalu melakukan hal yang ‘benar’ dan aku tidak perlu menyesali apapun.

Aku tidak bekerja saat ini, mungkin memang itu yang terbaik. Aku bisa melahap buku-buku, mengembangkan minat dan kemampuanku dalam menulis. Aku bisa konsentrasi kuliah dan segera memikirkan tentang skripsi, kemudian lulus.

Tentang pemikiran

Nah, ini yang terus menggodok otakku. Semakin aku banyak membaca buku, semakin aku dapat memahami sesuatu, dan kupikir semuanya saling berkaitan.

Dulu yang kutahu hanya pemahaman tentang neoliberalisme, kemudian aku juga membaca tentang postkolonialisme, agenda setting, Orientalisme vs Oksidentalisme, ideologi, sejarah, hukum, feminisme…

Aku ingin menulis sesuatu… yang merangkai semuanya. Yang dapat dengan mudah dipahami oleh awam tentang apa yang terjadi dalam hidup ini… Tentang sebuah tulisan yang sederhana, menarik, dan menggugah semua orang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Tentang pendidikan…

Itu saja, kesimpulanku hari ini. Mungkin esok akan berubah lagi.

*Catatan: Sebuah tulisan menjelang 3 hari lagi ulang tahunku yang ke-25. :)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...