Rabu, Maret 27, 2013

Hidup Ini Indah

Katakan padaku tentang waktu. Bagiku waktu adalah harta yang paling berharga. Tuhan saja menyampaikan betapa pentingnya waktu dalam QS Al Asr (Masa): 1-3. Orang-orang yang menyadari betapa pentingnya waktu tentu akan mengisi setiap waktunya dengan hal-hal yang berguna, baik untuk kebutuhan spiritualnya, sosialnya, maupun pengembangan dirinya pribadi dari berbagai aspek. Yang jelas, dia akan merasa sangat rugi jika waktu yang ia miliki hanya digunakan untuk meratapi masa lalu, untuk tidur dan bermalas-malasan, atau untuk melakukan hal-hal yang tidak jelas manfaatnya.

Dan seperti itulah juga prinsip yang sekarang saya gunakan untuk menjalani hidup yang begitu indah namun singkat ini. Kita tidak tahu kenikmatan akherat, meski ada ungkapan “Jika jari telunjukmu kamu celupkan ke laut dan kamu angkat, maka air di jarimu itu adalah kenikmatan dunia, dan air yang tersisa di laut adalah kenikmatan akherat.” Iya, senikmat-nikmatnya hidup di akherat, tapi kita tidak pernah tahu tentang masa itu. Masa yang kita jalani sekarang adalah masa dunia. Jadi, jalanilah, nikmatilah, mau pedihnya, senangnya, betenya, lucunya, semuanya...

Bulan Maret 2013 ini, beberapa kegiatan sudah saya lakukan untuk mengisi hidup yang saya yakini indah ini. Sebenernya mau ditulis satu persatu sebagai bahan tulisan di blog. Cuma pikir-pikir, kesibukan yang begitu menyita waktu membuat saya kesulitan untuk melakukan itu. So, akhirnya diambil keputusan akhir, tetap di upload cerita dan fotonya, namun langsung sekaligus. Dan itu akan langsung saya babas-bingkaskan dalam artikel ini. Hehehe... Mau tau apa aja, terusin aja bacanya, yaaa...

(Ditraktir Pindang Tulang)
1. Ditraktir Mahasiswa Pindang Tulang
Iya! Nih, enaknya jadi dosen idola (hihihi... beneran diidolain gak yaa?) jadi suka diajak makan sama mahasiswa. Seperti hari ini, Sabtu, 3 Maret 2013, diajak mahasiswa kelas weekend semester 4 untuk makan pindang tulang di kantin STISIPOL Candradimuka. Sebenernya untuk seru-seruan aja, tapi emang sih sekalian ucapan terima kasih mereka karena udah diajarin bikin email sama blog. Yang ikutan makan bersama kemarin ada Mareta, Yuli, Rosyada, Ria dan Yudhi. Sip! Sering-sering aja yaa... Hihihi...

(Syukuran Wisuda Boski)
2. Syukuran Wisuda Boski
Gara-gara si Boski, panggilan akrab temen-temen segrup BB SMU Plus Negeri 17 Palembang Angkatan III kepada M. Rizky Ramadhoni yang tiba-tiba out dari grup, malah timbul acara syukuran untuk wisuda S1 Hukumnya yang memang terlaksana sebelum dia out. Kebiasaan kumpul-kumpul anggota grup memang menjadi kebiasaan untuk terus bisa menjalin kebersamaan. Akhirnya, giliran Boski sendiri dilakukan di rumahnya di Komp. Palm View Residence 2 Blok B-23 Jl. RA Abusamah Palembang pada hari Sabtu, 3 Maret 2013. Yeee, lumayan dapet bakso, pempek, kue-kue, es melon. Wiiih, Boski dan istri emang mantap. Temen-temen 17 yang kebetulan bisa dateng ada Tomi, Irta, Hilal, Mike, Estit dan Rayhan, Dora, Fadli, Didi dan Mareta, juga Yunita. Rame juga, dan akhirnya setelah BB Boski bener lagi, eh dia malah masuk grup lagi. Hihihi...

(Karaokean Irta & Kondangan)
3. Karaokean With Irta dan Kondangan Denny
Welcome in Palembang, Irta! Yups, nih lagi-lagi acaranya temen grup BB SMU Plus Negeri 17 Palembang. Jadi ceritanya, si Irta yang kerja di PT. Sampoerna Jakarta lulus tes untuk bisa dipindah ke Palembang per 1 Maret 2013. Dan untuk itu, Irta pun mengajak seluruh anggota grup untuk karaokean di Happy Puppy Palembang Square pada hari Sabtu, 9 Maret 2013. Sebelumnya kita sempet makan di Bakso Sony. Nah, yang kebetulan dateng ada Estit dan Royhan, Wulan, Boski dan istri, Didi dan Mareta, Dora, dan Widi. Thanks ya, Irta, seru banget! Lanjut acara besoknya, Minggu, 10 Maret 2013, kita hadir di acara resepsi pernikahan temen se-SMU juga, Denny Agustriawan di Grha Pinang Masak, Jl. Harapan Jaya I, Palembang. Ada Daniel, Tomi dan keluarga, Abang dan keluarga, Didi dan Mareta, Boski dan istri, Edwin serta Irta yang bisa hadir. Selamat menempuh hidup baru kawan, doakan saya segera menyusul yaaaah.... Eh?! Hehehe...

(Workshop Penelitian UIGM)
4. Workshop Penelitian Dosen di UIGM
Ini sebuah kegiatan yang penting! Karena kegiatan ini, saya semakin terpacu untuk terus serius menggeluti profesi sebagai dosen. Nama acaranya Seminar dan Workshop “Metode Penelitian dan Publikasi Ilmiah” yang berlangsung selama 3 hari, Rabu-Jumat, 13-15 Maret 2013 di Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Yang menjadi pemateri juga mumpuni, ada Ketua DPR RI Marzuki Alie, ada Prof. Lily Warly dari Kopertis, dan lain-lain yang banyak bercerita tentang pentingnya dosen melakukan penelitian. Selain itu, di waktu yang sama, kita bisa melihat pameran diskomvis mahasiswa UIGM. Bagus-bagus juga ternyata karya mereka. Saya sendiri hadir sebagai peserta mewakili STISIPOL Candradimuka bersama Desi Aryani, S.Sos. Selain dapet ilmu, dapet makan, dan juga dapet sertifikat pastinya. Sip, deh! Hee..

(Yudisium Fikom UBD)
5. Yudisium Fikom UBD
Wah, seru juga melihat bagaimana yudisium mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma. Jadi, walaupun hanya berstatus dosen luar biasa dan baru 2 semester bergabung, namun saya juga diundang untuk menghadiri prosesi yudisium yang dilaksanakan di D’Fab Social and Food, Sabtu, 16 Maret 2013 itu. Saya dapet seragam juga lho, jumputan warna jingga. Makasih yaa.. Sorenya, jam 4-an, juga diundang oleh Vincent, salah seorang mahasiswa yang lulus untuk makan-makan di 7th Street Bakery Palembang. Puas, deh... Nyobain gelatto, pizza gepeng, kentang tumbuk, dan lain-lain. Makasih ya, Vincent.. Sukses untuk kerjaannya di Lubuk Linggau yaa... Buat mahasiswa yang sekalian juga sudah wisuda pada 23 Maret 2013 kemarin, selamat melanjutkan hidupmu! Sukses untuk kalian semua.

(Musrenbang Palembang 2013)
6. Musrenbang Palembang 2013
Nih, acara paling lelet yang pernah saya datengin. Undangan jam 9, baru dimulai jam 11.30 WIB karena nungguin Walikota Palembang, Edi Santana Putra dateng. Woooh, emang begitu yaaa acara-acara pemda?? No comment, deh! Jadi, acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Palembang Tahun 2013 yang digelar di Hotel Swarna Dwipa, Rabu, 20 Maret 2013 ini diisi dengan pemaparan rencana-rencana pembangunan Kota Palembang secara garis besar. Saya dateng karena ini memang penting sebagai dasar untuk menulis berbagai penelitian yang akan saya lakukan. Hee! Tapi catatan untuk penyelenggara, kapan-kapan kalo ngadain acara lagi, jangan parah banget yaa molornya. Fiuuuuh... Ampun, DJ!

(RRI Pro 2 Goes To Campus)
7. RRI Pro 2 Goes To Campus
Selama 2 jam full, 15.30-17.30 WIB, RRI Pro 2 dateng ke STISIPOL Candradimuka beserta mobil radio jeep-nya untuk melangsungkan kunjungan off air ke kampus sekaligus tayangan on air berupa talk show dan penampilan band serta puisi mahasiswa. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 23 Maret 2013 itu juga memberikan games dengan hadiah langsung berupa handphone. Saya sih gak kebagian, cuma kebagian foto-fotonya aja. Hihihi.. Oya, sebelumnya, pukul 13.30 WIB juga ada acara pertemuan antara Ibu Ketua STISIPOL Candradimuka, Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si dengan para mahasiswa di Studio Mini STISIPOL Candradimuka untuk membahas masalah pengadaan alat band kampus.

(Kondangan ke Kayu Agung)
8. Kondangan ke Kayu Agung
Kesibukan di dunia kampus, kadang harus mengorbankan waktu bersama keluarga. So, ketika ada undangan pernikahan saudara ke Kayu Agung, saya tidak melewatkannya. Jadi, Minggu, 24 Maret 2013, saya dan keluarga besar di Palembang pergi ke Kayu Agung. Saya, Fafa, dan Ibu kompak pake baju warna putih. Hihihi.. Pulang kondangan, menyempatkan diri mampir ke pondok yang menjual es dogan dan kemplang ikan. Seru, Fafa gak berhenti teriak melihat kolam/sungai yang menjadi dasar dari pondok pinggir jalan itu yang ternyata banyak juga ikannya.

(Lokakarya RRI)
9. Lokakarya RRI dan Rakor Inpres No. 2/2013
Bersama 5 orang mahasiswa, Fikri, Anna, Johan, Andre, dan Hendra, saya menghadiri Lokakarya “Peran RRI Dalam Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Guna Mendorong Pembangunan Sumatera Selatan” pada hari Senin, 25 Maret 2013 di Pascasarjana UNSRI. Ternyata acara tersebut juga langsung on air di RRI. Saya yang kebetulan juga bertanya, jadi ikut terkenal mendadak. Hihihi... Mahasiswa yang saya ajak gak cuma merasa senang, tapi juga ketagihan. “Bu, kalo ada acara seperti ini lagi, kami diajak, yaaa...” kata mereka. Iya, mahasiswa-mahasiswa itu akan melakukan sebatas pada apa yang divisikan oleh dosennya. Saat dosen percaya mereka mampu, mereka pasti mampu. Insya Allah. Malemnya, pukul 19.00 WIB, saya lanjut ikut menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Polda Palembang, yakni Rapat Koordinasi Inpres No. 2 Tahun 2013 Tentang Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri di Ballroom 2, Hotel Novotel. Acara itu bener-bener full orang penting, ada Kapolda Palembang, Pangdam II/Sriwijaya, juga ada Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin. Hm, hadir di acara seperti ini, sebenarnya selain untuk mendapatkan wawasan ilmu, juga untuk motivasi hidup agar segera menyamakan nasib dengan orang-orang yang sudah terlebih dahulu sukses ketimbang kita. Jadi, berharap biar segera nular gitu.. Hehehe... Amiiin.

(Jalan-jalan ke Punti Kayu)
10. Jalan-jalan ke Punti Kayu
Akhirnya, terealisasi juga jalan-jalan ke Taman Wisata Punti Kayu, hari ini, Rabu, 27 Maret 2013 bersama Fafa dan Dewi. Kami bertiga naik motor Mio kesayangan saya menyusuri Punti Kayu yang sebenarnya sudah masuk dalam kategori harus direnovasi. Namun, apapun itu, tadi cukup menyenangkan kok! Fafa bisa lihat burung kakak tua, monyet, kuda, dan lain-lain. Setelah puas mengitari Punti Kayu, kita langsung menuju kawasan Gaya Baru. Fafa beli sepatu, kaos kaki, dan baju. Yaaah, buat siapa lagi saya mencari uang kalau bukan untuk bidadari tercinta saya, Fafa. Di hadapan Fafa, saya harus bisa menunjukkan bahwa saya akan selalu ada untuknya, selalu kuat untuknya, dan akan selalu menjadi mama yang membanggakan untuknya. Amiiin...

Naaaah, ituuuu... 10 kegiatan yang saya lakukan sepanjang bulan Maret 2013. Letih? Capek? Itu hanya keluhan badan, namun di hati ini, saya senang, saya bangga dan puas. Di hari-hari yang begitu indah ini, hanya waktu dan kesehatan inilah harta yang paling berharga yang harus saya kelola sebaik-baiknya. Tak ingin lagi hidup hanya diisi dengan hal-hal yang berbau negatif, dendam, marah. Ah, ngapain?

“Tiada masalah yang terlalu besar jika kamu memiliki tujuan hidup yang lebih besar. - @BumiDinasty” RT Okesip!! :))

12 komentar:

Anonim mengatakan...

bu, bagaimana cara membuat artikel yang baik dan bagus?? (salam kenal, nama saya Dasi Edimas Akbar. Saya anggota KIRANA17 ang 16) terimakasih, bu pendiri KIRANA17.

Nita mengatakan...

Dasi EA: Waah, saya gak tau tnyata yg komen penerus saya di KIRANA 17. Alooo... Utk dibilang pendiri KIRANA 17 kayaknya gak tepat, kalo salah satu penggiatnya di awal2 mungkin iya. Tapi kalo pendiri MARELLA 17 yg dimaksud, nah baru saya akan mengangguk. :)
Membuat sebuah artikel yg baik & bagus, itu sdh 2 hal yg bbeda tp satu kesatuan. Baik artinya tulisanny rapi secara EYD, benar penalaranny, apik susunan paragrafnya, dll yg bbau teknis. Kalo bagus artinya, isinya menarik ut dibaca, mgkn hal2 baru, atau hal2 yg sdg hangat dbicarakan atau hal2 unik. :)

meutia rahmah mengatakan...

salam kenal bu dosen, hidup indah bila mencari berkah :)

Anonim mengatakan...

Alohaaa...
Makasih atas jawabannya,bu..
hmm,, bukannya Marella itu untuk ekskul Jurnalistik17...hheehe

Sekarang, ibu ngajar dimana bu??

Ohya,, bu, dulu bagaimana tanggapan guru saat KIRANA17 akan dibentuk??


Anonim mengatakan...

Permainan "Jujur yang Tertunda" itu permainan yang seperti apa ya bu Nita??

-Dasi-

Nita mengatakan...

Meutia Rahmah: salam kenal juga bu meutia... bener bgt, hidup ini indah bila mencari berkah... :)
Dasi: Marella 17 itu nama produk majalahnya, sedangkan Jurnalistik 17 itu nama ekskul menulisnya. Jadi dulu, setelah kru Marella 17 angkatan pertama mau diganti ke angkatan 2, kita bikin training jurnalistik dulu. Gak semua yg ikut training mjd kru Marella 17, hanya yg terpilih saja. Sekarang saya ngajar di STISIPOL Candradimuka dan Univ. Bina Darma. Nah, Dasi ini skrg aktif dmana? Kirana 17 ya? Spt yg saya bilang di awal, saya bukan perintis berdirinya Kirana 17. Hanya kebetulan, saya jadi pengurus di tahun ketiga, dan jadi finalis LPIR nasional 2001. Permainan Jujur yang Tertunda, yaah, semacam isi kuesioner mengenang memory masa2 di SMU dulu... :)

Anonim mengatakan...

ooohhh,, saya aktif di KIRANA 17...
ohya,, dulu ibu menang LPIR 2001 ya?? Penelitian tentang apa bu??

Nita mengatakan...

Dasi: Kemarin angkat penelitian ttg dampak ekonomi usaha perikanan keramba. Kalo nama2 perintis Kirana 17 it, coba tanya Pak Yudy Saroso. Seingat saya, angkatan 1 itu Kak Roland Mauludy, angkatan 2 Kak Dimas Patra sama Mb Vegitya Ramadhani Putri, baru yg angkatan ketiga, itu ketuanya klo gak salah Nurfanida Libriyanti, saya jd sekretaris.

Anonim mengatakan...

Judul penelitian ibu apa, bu??

saat ini, saya akan mengikuti lomba artikel FEKSI bagusnya membahas apa bu??

anazkia mengatakan...

Assalamu'alaikum....
Salam kenal, Bu dosen :)
Pertama kali ke sini. Sebelumnya, selamat sudah masuk 50 besar terbaik SKB2013. :)

Sibuk sekali ternyata bu dosen satu ini. Mendoakan semoga nanti masuk ke 10 besar. Aamiin...

Rina Susanti mengatakan...

salam kenal mba nita....seru seru ya kegiatannya, sibuk terus...:)

Nita mengatakan...

Dasia: wah, saya lupa kalo judulnya, ud lama banget, tuh.. tp yg jelas ttg dampak perekonomian usaha ikan keramba itu.. nah, kalo itu tgantung tema lombanya apa, trus kamu tertarik menelitinya dbagian mana.. :)
Anazkia: selamat datang di rumah maya sayaaa... hihi.. amiiiin... smoga anazkia jg masuk 10 besar, jd klo ntar sama2 masuk, jadi bisa ketemuan.. :))
Rina Susanti: hihi... ya, lumayanlah, isi-isi waktu... :) semoga bisa lebih akrab yaa... *peluk rina...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...