Minggu, Desember 27, 2015

KKL Komunikasi Candradimuka #Part 2 Yogya-Solo Tahun 2015

Lanjuuuut cerita tentang Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang Jurusan Ilmu Komunikasi Tahun 2015 yang ke Yogyakarta-Solo sekarang. Gak ada yang marahin saya sih kalo gak nulis sekalipun, tapi entahlah semacam ada pergolakan batin kalo kegiatan sepenting ini belum terdokumentasiin di blog. Hahaha..

Ya, sebagaimana saya tuliskan di artikel sebelumnya, KKL STISIPOL Candradimuka dilaksanakan sebagai kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang secara nilai akademik berjumlah 2 SKS dan masuk dalam kategori wajib untuk diikuti oleh mahasiswa yang sudah masuk kuliah di semester V (lima). Nah, untuk KKL STISIPOL Candradimuka ke Yogyakarta-Solo dilaksanakan selama 5 hari 4 malam, Minggu-Rabu/25-29 Mei 2015.

Sebagaimana di Bandung, pelaksanaan KKL SC 2015 ke Yogyakarta-Solo ini kembali saya yang mengurus tentang persuratan kunjungan KKLnya. Oleh karena itu, sehari sebelum mahasiswa berangkat, saya udah duluan ke Yogya untuk mengkonfirmasi beberapa destinasi yang belum fix jawabannya. Ya, paling repot itu memastikan kunjungan ke instansi pemerintah memang. Surat kita yang sudah masuk satu bulan sebelum KKL kadang suka muter-muter entah kemana ketika ditindaklanjuti. Hohoho...

(Jalan-jalan ke Berbagai Objek Pariwisata Selain Melakukan KKL)
Saat mengurus KKL SC Tahun 2015 ke Yogyakarta-Solo, saya juga masih menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, karena kesibukan kajur yang tidak bisa mengikuti KKL SC 2015 ini dalam hal mendampingi mahasiswa jurusan, selain saya juga ada Bapak Icuk M. Sakir, S.Sos, M.Si yang juga dosen Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka. So, apa saja kegiatan kami selama di sana? Berikut catatan perjalanan yang masih saya ingat. Haha..

Minggu, 25 Mei 2015
Saya ikut menjemput mahasiswa Ilmu Komunikasi di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Mereka memang berangkat dan pulang naik pesawat terbang. Setibanya di Yogyakarta, rombongan diajak langsung ke Toko Buku Toga Mas, lalu makan malam. Selanjutnya, seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi ditempatkan menginap di Hotel Citra Dream Yogyakarta yang tidak jauh dari Tugu Yogya.

Senin, 26 Mei 2015
(KKL 2015: Ke Ilmu Komunikasi UGM Yogyakarta)
Hari kedua KKL SC Tahun 2015 ke Yogyakarta-Solo, destinasi kami adalah ke Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hahaha, saya kembali mengunjungi almamater saya di sini. Bangga juga pada akhirnya bisa membawa mahasiswa-mahasiswi saya ke sini. Usai dari UGM, kita lunch di Gudeg Manggar dan mengunjungi sentra kerajinan kulit di Manding Bantul Yogya. Setelah itu, masih lanjut ke Pantai Depok. Malemnya, bersama beberapa orang mahasiswa, kami juga ke alun-alun selatan Keraton Yogya untuk berjalan di antara dua beringin. Hikhik, saya gagal melewatinya. Padahal dulu sempet sukses lho.. Haha!

Selasa, 27 Mei 2015
(Museum Pers Solo dan Kenangan Drs. H. Ismail Djalili)
Di hari ketiga KKL, kunjungan dipusatkan ke Solo untuk seluruh jurusan. Jadi kita bersama-sama menuju Museum Pers Solo dan melihat koleksi pers di sana. Oya, kamu tahu, di sana juga ada barang bersejarah miliknya pendiri STISIPOL Candradimuka, Drs. H. Ismail Djalili lhoo... Makanya dibela-belain ke sana. Abis itu, perjalanan dilanjutkan ke Candi Prambanan. Nah, di sinilah, tempat saya kudu mewek setelahnya. Iya, hp blackberry saya hilang ketika kunjungan di sini. Hh, jadi sedih kalo inget. :D

Rabu, 28 Mei 2015
(KKL 2015 Ke Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta)
Hari keempat KKL, kunjungan dilakukan ke kantor percetakan Kedaulatan Rakyat. Rombongan juga diterima sangat baik dan diajak berkeliling melihat mesin percetakan. Usai dari KR, kita pun ke Candi Borobudur di Magelang. Asyik, foto-foto bak model. Trus, sempet mampir juga ke Jogja T-Shirt yang lagi naik daun, dan berakhir dengan dinner di Restoran Rumah Pohon.

Kamis, 29 Mei 2015
Saatnya pulang kembali ke Palembang! Dan bahagianya dapet bagian pesawat yang langsung dari Yogyakarta ke Palembang. Jadi gak ada cerita tentang transit ke Jakarta dulu. Sampe di Palembang, langsung dijemput Fafa yang sakit. Hh, si cimut ini emang udah ngerti aja kalo ditinggal pergi. Jangan sering-sering ya, nak...

Well, itu tuh cerita saya tentang KKL SC Tahun 2015 ke Yogyakarta-Solo. Menyenangkan? Of course. Saya masih berharap akan ada KKL-KKL selanjutnya. Tapi, entahlah, wacana yang dibangun sekarang adalah ingin merubah KKL ini menjadi KKN Mandiri untuk Tahun 2016. Tapi apapun itu, saya akan tetap mengawalnya, kok! Tenang ajaaa... :D

5 komentar:

Laptop asus mengatakan...

makasih banyak atas infonya

nokia lumia mengatakan...

nice info nihh

laptop apple mengatakan...

kunjungan siang nihh

harga laptop hp mengatakan...

super dahsyat artikelnya

harga laptop terbaru mengatakan...

berkunjung di sore hari...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...