Minggu, Januari 27, 2013

Smart G: Wadah Terbaik Para Alumni Lepass - Sriwijaya Post

Sabtu, 19 Januari 2013 lalu merupakan hari yang bersejarah untuk para alumni Lembaran Pelajar Sumatera Selatan atau yang biasa disingkat sebagai Lepass – Sriwijaya Post. Bagaimana tidak bersejarah, hari itu dikukuhkan sebagai hari berdirinya Smart G (Lepass in Maturity Character and to Generations), sebuah wadah terbaik untuk terus menjalin aspirasi dan mengikat tali kekeluargaan yang lebih erat antar sesama alumni Lepass – Sriwijaya Post.

Lepass sendiri merupakan nama organisasi yang beranggotakan 11-14 orang siswa SMA se-Kota Palembang yang tergabung sebagai wartawan pelajar dan bernaung di bawah payung salah satu surat kabar terbesar Sumatera Selatan, Harian Umum Sriwijaya Post. Periodeisasi keanggotaan mereka dibatasi 1 hingga 2 tahun. Jika sudah lulus SMA otomatis tidak bisa lagi menjadi wartawan Lepass.

Lepass sendiri berdiri pada tahun 1994 (Angkatan 1), dan kini di tahun 2013 tengah dipegang oleh Lepass Angkatan 18 dan tengah mendidik Capass (Calon Lepass) Angkatan 19. Ketika pertama berdiri, HU Sriwijaya Post masih bertempat di Jl. Kapten A. Rivai, belum pindah ke Jl. Basuki Rahmat seperti sekarang. Saya sendiri tergabung dalam Lepass Angkatan 6 dan 7, tepatnya ketika saya masih menjadi siswi SMU Plus Negeri 17 Palembang tahun 1999.

(Peresmian Smart G di Sripo)
Tahun-tahun yang berlalu itu, ternyata tidak menyurutkan para mantan kru Lepass untuk tidak saling menyapa. Hampir setiap tahun, selalu diadakan acara buka puasa bersama yang mengundang seluruh angkatan atau ketika acara malam tahun baru. Semangat kebersamaan inilah yang rasanya sayang untuk disia-siakan. Apalagi notabene para alumni Lepass itu memiliki skill dan minat yang sama di bidang jurnalistik.

Akhirnya, pada tahun 2010 lalu tercetuslah ide untuk membentuk wadah bagi para alumni Lepass ini dan awalnya diberi nama IKAL (Ikatan Alumni Lepass). Namun, ide ini kemudian mengalami pasang-surut, hingga di akhir tahun 2012 kembali mencuat karena muncul orang-orang baru yang memiliki semangat pasti bahwa IKAL harus segera diresmikan. Nama Hadi Prayogo sebagai Pemimpin Redaksi HU Sriwijaya Post tak bisa dilepaskan dari peresmian ini, selain juga kehadiran para penggiat IKAL-nya sendiri, seperti Joni, Zakir, Siti, dan tentu saya pribadi.

Setelah melalui rapat-rapat yang intens, akhirnya Sabtu, 19 Januari 2013 menjadi hari yang dipilih untuk meresmikan Smart G, sebuah nama baru untuk IKAL. Smart G mengandung filosofi bahwa para generasi lulusan Lepass – Sriwijaya Post adalah orang-orang yang smart, muda, dan penuh semangat. Masuk dalam kepengurusan Smart G 2013-2014 adalah:
Ketua: Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A
Sekretaris: Joni Irwanto
Bendahara: Wahyuni Eka Putri
Bidang I Jurnalistik:
Koordinator: M. Mudzakir, SE
Anggota: Dewi, Riki, Susan, Arta, Naufal
Bidang II Organisasi & Keanggotaan:
Koordinator: Rialdo Saputra, Am.Kep
Anggota: Ade, Fadhil, Deni
Bidang III Humas & Kerjasama:
Koordinator: Siti Aminah
Anggota: Citra, Deri, Allan

Smart G ini sendiri memiliki visi “Menciptakan generasi muda yang mandiri, kreatif, inovatif, dan berwawasan luas.” Serta misi: 1. Sebagai wadah kreativitas generasi muda, khususnya generasi muda Sumatera Selatan; 2. Meningkatkan kerjasama dengan HU Sriwijaya Post dalam bidang pengembangan minat & bakat jurnalistik pelajar Sumatera Selatan; dan 3. Menjadi inspirasi generasi muda Sumatera Selatan.

(Pengurus Smart G)
Sasaran utama Smart G memang terfokus pada 2 publik, yakni internal pada alumni Lepass-nya itu sendiri. Hal ini dalam bentuk pendataan para alumni Lepass dan mengadakan kegiatan tahunan yang berupaya untuk terus membangun komunikasi dengan mereka. Kemudian yang eksternal, yakni para generasi muda di Sumatera Selatan. Hal ini dalam bentuk upaya mengadakan kegiatan-kegiatan yang diprogram untuk mereka, khususnya yang berkaitan dengan jurnalistik, bakat-bakat muda, dan sebagainya.

Hingga saat ini, sekretariat Smart G masih menggunakan Gedung HU Sriwijaya Post bersama dengan induknya HU Sriwijaya Post di Jl. Basuki Rahmat Palembang. Langkah ke depan, Smart G akan segera membuat website khusus yang akan menaungi media publikasi dan informasi mengenai beragam hal tentang Smart G. Selain juga akan segera mengadakan sebuah event sebagai langkah perdana bukti eksistensi Smart G di Kota Palembang.

Besar harapan keberadaan Smart G ini dapat memberikan kontribusi kepada pihak-pihak yang memiliki peran penting di dalamnya, yakni pengurusnya, alumni Lepass, HU Sriwijaya Post, serta para generasi muda di Sumatera Selatan. Well, selalu semangat untuk Smart G! Selamat bekerja dan sukses untuk kita semua.

2 komentar:

ejiebelula mengatakan...

nita, salam kenal

nie ejie (LEPASS 1-2)..

mw temenan donk utk urusan tulisan. yar dapet apdetan LEPASS terbaru ejienya...

follow nita gmn caranya?
ntar folback wordpress ejie yah nita...

ni link blog ejie, nita :)

http://ejiebelula.wordpress.com/

Nita mengatakan...

hai, mbak ejie.. ap kabar? wah, luar biasa sekali bisa btemu ddunia maya. saya ud bkunjung ke blognya, tp agak susah utk follow coz hrs punya wordpress dulu. jadi nita follow twitterny aja. klo mo follow twitter nita di @anitashiva88 atau email di sb.anita@gmail.com

^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...