Sabtu, November 23, 2013

Konferensi Nasional Komunikasi 2013 di UI #1

Jadi ini adalah call for paper-ku yang ketiga. Setelah sebelumnya yang pertama di Palembang, kedua di Bali, dan segera nanti yang keempat itu di Padang. Yang ketiga ini, tentu di Jakarta. Tepatnya, di Universitas Indonesia, Depok. Hm… Nih, Depok, masuk Jakarta apa Jawa Barat yaaa? Hihihi… Tau deh, lupa sayaaah…

Kali ini, saya mengambil judul penelitian MULTIKULTURALISME DALAM GAME ONLINE (Studi Kasus Tentang Identitas dan Budaya Popular pada Pengguna Media Game Online “Royal Story” di Facebook). Sebuah penelitian yang terinspirasi karena kesukaan saya memainkan game online Royal Story di Facebook. Jadinya, setelah menemukan teori yang cocok, penelitian ini pun jadi deh!

(Hari pertama keberangkatan di Bandara SMB II)
Saya pergi ke sana bersama Fafa, buah hati tercinta. Setelah mengajaknya berpetualang ke Bali-Yogya-Jakarta pada April 2013 lalu, sekarang, saya kembali mengajaknya berpetualang ke Depok-Jakarta. Kami berangkat pada hari Selasa (12/11) dan kembali pulang pada hari Minggu (17/11). Lima hari menjadi hari-hari yang padat dan senangnya Fafa menikmati itu semua.

(Fafa menikmati breakfast di Hotel Santika Depok)
Selama di Depok, kami menginap dua malam di Hotel Santika Depok. Hotelnya baguuuuus. Iyalah, untuk rate kamar Rp 600.000/malam, itupun udah didiskon, jadi hal yang istimewa buat saya dan mungkin juga untuk Fafa. Hee… Ini, boleh disebut semacam keberuntungan, karena penginapan yang lain sudah penuh, akhirnya saya mendapat kamar di salah satu hotel berbintang di Depok itu. Dan tentuuuu saja, itu dibayarin sama STISIPOL Candradimuka. Makasih, Bu Sari… Hihi..

(Foto bersama Prof. Dr. M. Alwi Dahlan)
Hari pertama konferensi, menjadi sebuah hal yang berkesan juga, bisa mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama dengan Prof. Dr. M. Alwi Dahlan (Professor Emeritus Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Mantan Menteri Penerangan RI). Hari pertama juga, saya mendapatkan kesempatan pertama untuk presentasi pada panel 1 di ruang 301 Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia.

(Konferensi Nasional Komunikasi 2013 di UI)
Begitu berkesan dan menyenangkan. Penelitian saya direspon dengan sangat baik oleh para audiens. Saya boleh bangga jika penelitian saya termasuk yang menarik dari lebih 100 judul penelitian atau call for paper yang masuk di Konferensi Nasional Komunikasi 2013. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah penanya ketika presentasi dilakukan dan makalah saya langsung diminta oleh beberapa orang untuk dipelajari lebih dalam atau mungkin juga untuk dijadikan dasar untuk melakukan penelitian lanjutan.

(Fafa yang sangat menikmati pengalaman perjalanannya)
Pulang dari UI yang sempat hujan deras, saya dan Fafa langsung mandi untuk kemudian kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Depok Mall yang merupakan satu rangkaian bangunan dengan Hotel Santika Depok. Seru juga kayak maen di rumah aja, tinggal melangkah sedikit lalu sampai. Kami makan malam di Pondok Bambu, dan Fafa maen kolam bola sampe puas di sana. Saya juga sempat belanja baju untuk bepergian dan Fafa juga sempat beli sepatu baru warna ungu. Hihihi.. Biar ada kenang-kenangannya gituuuu...

(Fafa yang mau jalan-jalan ke Depok Mall)
Well, hari pertama, kedua dan sebagian hari ketiga dalam rangkaian cerita perjalanan #JakartaNita2013 ini menjadi bagian 1 dari 4 cerita yang inginnya segera akan saya muat di blog ini. Yups, bagian pertama ini, tentunya memuat alasan utama saya sehingga dapat melakukan petualangan kali ini. Benar, semua sesungguhnya tentang call for paper. Semua tentang pengalaman saya yang ikut ambil bagian sebagai pemakalah call for paper dalam Konferensi Nasional Komunikasi 2013 di Universitas Indonesia. Akademis, seru, dan juga penuh cinta. Well, tungguin cerita saya selanjutnya yaaa... Hihi.. ^^