Jumat, Agustus 16, 2013

Seminar Pendidikan Internasional ACIKITA di Kota Palembang

Ada yang masih belum tahu apa itu ACIKITA? Aku Cinta Indonesia Kita (ACIKITA) adalah organisasi non pemerintah yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. ACIKITA dicetuskan pada tanggal 4 Oktober 2006 di Tokyo oleh pelajar dan kaum akademisi Indonesia, yakni Dr. Jumiarti Agus, Dr. Prihardi Kahar, dan Rahmiwati Agus S.Ag dengan nama awalnya adalah Aku Cinta Indonesia (ACI). Lalu pada September 2009 ia pun berganti nama dari ACI menjadi ACIKITA. Alamat kantor pusat ACIKITA sendiri yang ada di Indonesia yakni di Salzburg SA-1 No. 8, Kota Wisata Cibubur Jakarta Telp. 021-84937507, 0852-53956216.

(Seminar Pendidikan Internasional ACIKITA di Palembang)
Program-program kerja yang diusung oleh organisasi ini memang sangat menarik. Mau tau apa aja, ini dia:
Bidang Pendidikan 

  1. Program sumbangan buku. Program ini diadakan setiap saat. Buku yang disumbangkan adalah buku-buku yang memotivasi, menginspirasi, dan buku-buku tentang informasi sekolah di luar negeri (LN). 
  2. Menyalurkan generasi muda yang ingin sekolah ke Jepang dan luar negeri lainnya. ACIKITA membantu mereka mulai dari proses aplikasi sekolah, hingga prosedur keberangkatan ke Jepang.
  3. Mendukung generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri, menimba ilmu ke tempat yang lebih baik, dengan biaya yang terjangkau. 
  4. Aktif memberikan presentasi tentang kiat dan kesempatan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. 
  5. Merekomendasikan pelajar pelajar Indonesia untuk mendapatkan supervisor di Jepang dan negara lainnya (sesuai dengan kapasitas ACIKITA). 
  6. Membantu para mahasiswa Indonesia untuk melakukan riset di Jepang  untuk menunjang studinya. Semoga selanjutnya dapat diperluas ke negara lainnya. 
  7. Menjembatani kerjasama riset antara universitas di Indonesia dengan universitas di Jepang, sesuai dengan potensi ACIKITA. 
  8. Menyekolahkan kaum miskin dan dhu’afa. 
  9. Mengadakan program beasiswa ACIKITA.
  10. Mendirikan TK binaan ACIKITA dengan memadukan kurikulum TK-TK di mancanegara (sistem preschool di mancanegara tengah digarap bukunya). 
  11. Mengadakan pelatihan, seminar dan kuliah umum untuk berbagai topik, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan kapasitas ACIKITA. 
  12. Menghadirkan profesor tamu atau guru tamu ke Indonesia untuk presentasi di beberapa perguruan tinggi. 

(Kayak kakak-adik, yaa? Hihihi...)
Bidang Ekonomi 

  1. Mendirikan percetakan sendiri, mencetak buku-buku ACIKITA (terutama), juga menerima job dari luar.
  2. Mendirikan berbagai jenis usaha yang bisa dijadikan sebagai sumber ekonomi untuk jalannya organisasi dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. 
  3. Mendirikan ACIKITA tour. 
  4. Mengeksplorasi kerajinan dan hasil karya pribumi untuk dicarikan pasarnya di internasional (tengah dijajaki).
  5. Menyalurkan dana zakat, infaq dari donatur kepada murid-murid sekolah binaan ACIKITA dan kaum miskin.
  6. Menyelenggarakan kurban dan memberikannya kepada yang berhak menerimanya. Misalnya kepada orangtua murid dari sekolah ACIKITA, yang semuanya orang miskin. 

(Foto Bersama Seluruh Peserta Seminar)
Bidang Sosial 

  1. Sumbangan buku ke sekolah sekolah di Indonesia, termasuk buku cerita untuk anak.
  2. Sumbangan kurban, sadaqoh atau zakat, kepada kaum miskin.
  3. Peduli terhadap kasus-kasus sosial di tanah air, mencoba mencarikan pemecahannya, apakah berdakwah melalui buku dan ikut memberikan solusinya, dan kemudian menyumbangkan sebagian buku itu langsung ke sasarannya. 


Well, menarik sekali bukan program kerjanya? Oleh karena itu, ketika STISIPOL Candradimuka Palembang mendapatkan tawaran untuk menjadi tempat pelaksanaan Seminar Pendidikan Internasional ACIKITA di Kota Palembang di peringatan pendiriannya di tahun ke-5 di 16 Kota di Indonesia (25 Juli – 30 Agustus 2013) tentu langsung menyambutnya dengan tangan terbuka. Terlebih karena pada acara seminar ini dihadiri langsung oleh pendiri ACIKITA, Dr. Jumiarti Agus yang kini berdomisili di Jepang.

(Bangga menerima plakat dari Bu Ijum.. :'))
Seminar Pendidikan Internasional ACIKITA di Kota Palembang sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Agustus 2013 pukul 08.00 WIB s/d selesai yang bertempat di Aula STISIPOL Candradimuka Palembang. Usai penampilan Tari Gending Sriwijaya, sambutan Ketua STISIPOL Candradimuka Palembang, Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si, dan sambutan Ketua ACIKITA Internasional, Dr. Jumiarti Agus dan pengenalan ACIKITA, acarapun dilanjutkan dengan seminar dengan tema "Rahasia Mendapatkan Beasiswa dan Studi di Luar Negeri, Perjuangan di Luar Negeri dan Sistem Pendidikan Dini yang Menjadi Akar Kemajuan Suatu Bangsa" oleh Agus Mujib Ali, M.Eng (Ketua Bidang Pendidikan ACIKITA) dan tema “Pendidikan, Ilmu Komunikasi dan Pemberdayaan Budaya Lokal” oleh Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A (Dosen STISIPOL Candradimuka Palembang). Hihihi... Iya, saya kebetulan ikut jadi pembicara di seminar ini, guys...

Well, alhamdulillah, walau sempat ada kendala, namun secara umum acara seminar ini berjalan dengan lancar. Terima kasih Bu Ijum dan Pak Agus yang sudah hadir di Kota Palembang. Semoga dapat menyisakan kenangan manis di Kota Pempek ini yaaa... Salam ACIKITA!

1 komentar:

EDibaFREE mengatakan...

wah..seru nian kak..aku la baco ebook gratisannyo..menginspirasi..keren euy k nita biso ketemu langsung sama Mb Jumiarti ini..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...