Minggu, Oktober 06, 2013

Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Sukses Gelar Seminar Konvergensi Media

Dunia kita adalah dunia yang terus berubah. Perkembangan zaman beserta teknologinya menciptakan berbagai macam aplikasi media baru yang terintegritas dalam satu produk untuk memanjakan para penggunanya. Saat ini, seiring dengan perubahan tersebut terjadi pergantian istilah dalam menyebut mereka yang mengkonsumsi media. Penggunaan istilah pengguna media (media users) memang menggantikan istilah audiens (audience). Hal ini karena saat ini pengguna media tidak hanya bertindak sebagai penerima pesan namun sekaligus pembuat pesan itu sendiri.

Kedua, istilah media konvergen atau dunia media yang konvergen yang ikut menjadi wacana menjawab perkembangan gadget media saat ini. Bahwa aktivitas menonton tidak melulu di televisi, mendengarkan radio tidak melulu di radio, membaca koran tidak melulu dengan membelinya di loper koran, namun dengan adanya gadget semacam iPad, blackberry, android, dan lain-lain nyatanya dapat menggabungkan semua media itu menjadi satu.

(Rangkaian Kegiatan Seminar Konvergensi Media)
Ilmu Komunikasi yang dipercaya menjadi bidang ilmu yang memperhatikan semua perubahan itu tentu akan ikut berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, Jurusan ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang pun dengan bangga menggelar Seminar Komunikasi “Interaksi Pengguna Media Dalam Dunia Media Yang Konvergen” pada hari Kamis, 19 September 2013, pukul 08.00-12.00 WIB, di Aula Ismail Djalili STISIPOL Candradimuka, Jl. Swadaya Sekip Ujung Palembang.

Pembicara dalam seminar tersebut, yakni Budi Santoso, S.Sos, M.Comn (Dosen/Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka), Ira Hairida (Blogger/Humas Wongkito.net), Indry Fitriani (Marketing Communications VAS Indosat Regional Sumatera Selatan) dengan moderator Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A. Seminar sendiri dibuka untuk umum dengan biaya kontribusi Rp 25.000 per peserta. Setiap peserta berhak untuk mendapatkan sertifikat, snack dan doorprize dengan berbagai hadiah menarik.

(Paduan Suara Ikut Memeriahkan Seminar)
Rangkaian acara yang dilaksanakan atas kerjasama Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang dan Indosat ini sukses dihadiri hingga 250 peserta seminar, baik dari mahasiswa STISIPOL Candradimuka sendiri maupun dari luar. Turut tampil penampilan tari oleh Erick (mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi STISIPOL Candradimuka) dan rekan yang membawakan Tari Serampang Dua Belas dan penampilan paduan suara mahasiswa STISIPOL Candradimuka asuhan Bapak M. Mifta Farid, S.Sos.I, M.I.Kom.

Acara seminar dibuka oleh Ketua STISIPOL Candradimuka, Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si dan diliput oleh TVRI Sumsel Babel yang kemudian tampil di siaran berita daerah di hari yang sama. "Apa yang dilakukan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi ini hendaknya dicontoh oleh jurusan yang lain sehingga kegiatan seminar ataupun beragam kegiatan akademis lainnya menjadi sebuah rutinitas di STISIPOL Candradimuka," ujar Bu Sari kepada seluruh peserta saat memberikan kata sambutan.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...