Jumat, Agustus 21, 2015

Kunjungan Media dan Objek Wisata RDOC2015

Saya harus menuliskan tentang ini, tentang serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan dalam event Rainbow Days of Communication (RDOC) 2015. Ya, sangat latepost, tapi akan lebih baik daripada tidak terdokumentasikan sama sekali dalam bentuk tulisan bukan?

Blog memang menjadi sarana buku harian sekaligus dokumentasi yang akan menjadi sejarah untuk menjadi bahan evaluasi berikutnya. Jadi, saya akan berusaha membayar hutang-hutang tulisan itu sekarang. Dimulai dari tulisan pertama dari seluruh rangkaian RDOC 2015, iya, ini, tentang kunjungan media dan objek wisata RDOC 2015.
(Dua Bus Kota untuk Mengantar Kunjungan Ini)
(Berangkat Bersama dari STISIPOL Candradimuka)
Kegiatan Kunjungan Media dan Objek Wisata RDOC2015 yang merupakan event pembuka seluruh rangkaian kegiatan Rainbow Days of Communication 2015 dilakukan pada hari Rabu, 29 April 2015, pada pukul 08.00-15.00 WIB. Saya mengajak seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang Semester 2, tepatnya yang mengikuti mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik, baik kelas Reguler Pagi A, Reguler Pagi B, Reguler Sore, dan Non Reguler. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 150 orang mahasiswa dan 4 orang dosen pembimbing.
(Kunjungan Media ke Sumatera Ekspres)
(Pemberian Cinderamata kepada Pihak Sumatera Ekspres)
Untuk saya pribadi, selaku dosen pengampu mata kuliah itu, kegiatan ini juga menjadi nilai mid semester mereka, karena mereka wajib membuat laporan tulisan yang harus mereka unggah ke blog pribadi mereka masing-masing. Selain saya, Sumarni Bayu Anita, M.A, juga ada tiga orang dosen pembimbing yang lain, yaitu Siti Lady Havivi, M.Soc.Sn, Sherly Desliyanah, M.Pd, dan M. Febrianza, M.Si. Semuanya memang dosen-dosen muda di STISIPOL Candradimuka Palembang.
(Kunjungan ke Museum Balaputra Dewa)
Dengan menggunakan 2 bus kota dan sejumlah kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, rombongan pun berangkat dari STISIPOL Candradimuka menuju Kantor Redaksi Sumatera Ekspres, Punti Kayu, Museum Balaputra Dewa, dan berakhir Al-Quran Al Akbar. Setiap peserta diminta partisipasinya dengan membayar Rp 50.000,- untuk biaya sewa bus, snack, lunch, sertifikat, dokumentasi & doorprize.
(Kunjungan ke Punti Kayu)
Perjalanan sendiri dibagi menjadi 2 kloter karena Sumatera Ekspres tidak bisa menerima keseluruhan peserta kunjungan karena keterbatasan besar ruang pertemuannya. Di Sumatera Ekspres kita disambut oleh Anto Narasoma, Kabag Humas dan Wartawan Senior di Sumatera Ekspres. Mahasiswa yang hadir sangat antusias dalam mendengarkan materi dari pihak media tentang bagaimana penulisan berita berlangsung di Sumatera Ekspres. Usai materi, mahasiswa juga diajak untuk melihat ruang redaksi.
(Makan Siang di Bukit Siguntang)
Setelah ke Sumatera Ekspres, Museum Balaputra Dewa dan Punti Kayu, seluruh peserta kunjungan pun bertemu di Bukit Siguntang dan makan siang di sana. Beberapa mahasiswa ada yang menggunakan kesempatan ini untuk berkunjung ke penjaga makam di sana dan mendengarkan sedikit nasehatnya tentang kehidupan. Adapun kunjungan terakhir dilakukan ke Al Quran Al Akbar yang berada di daerah Gandus. Di sini diadakan acara pembagian doorprize untuk seluruh peserta yang hadir.
(Foto Bersama di Al Quran Al Akbar)
(Fafa Berpartisipasi Mengambil Undian Doorprize)
(Pemberian Doorprize)
Secara keseluruhan acara kunjungan berjalan dengan lancar. Selamat untuk para pemenang doorprize, dan untuk seluruh peserta semoga kunjungannya bermanfaat dan meninggalkan kenangan yang berarti di hati yaa... Sampai jumpa di acara-acara kunjungan Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka berikutnya. Salam Komunikasi!!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...