Sabtu, Agustus 22, 2015

Seminar Jurnalistik dan Ragam Karya Jurnalistik Mahasiswa di RDOC2015

Cerita kedua dari rangkaian Rainbow Days of Communication (RDOC) 2015 yang dilaksanakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang adalah ini, Seminar Jurnalistik dengan tema “Dari Mahasiswa Untuk Dunia Yang Lebih Bijaksana”. Seminar ini dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Juni 2015 di Aula Ismail Djalili STISIPOL Candradimuka Palembang pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Acara seminar ini sendiri tidak dipungut biaya alias free namun peserta yang hadir tetap mendapatkan fasilitas menarik, yaitu ilmu, snack, sticker RDOC2015, koran Sriwijaya Post, kartu perdana IM3 dan sertifikat.
(Foto Bersama Seluruh Narasumber Seminar Jurnalistik)
(Drs. H. Bangun Lubis, M.Si - Dosen Jurnalistik STISIPOL Candradimuka)
(Anto Narasoma - Wartawan Senior Sumatera Ekspres)
(Mbak Indri - Indosat Palembang)
(Ina Parlina - Majalah BIDISA)
Untuk soal materi, seminar ini cukup mumpuni. Seminar ini menghadirkan empat orang pembicara, yaitu Dosen Jurnalistik STISIPOL Candradimuka Drs. H. Bangun Lubis, M.Si, Wartawan Senior Sumatera Ekspres Anto Narasoma, Perwakilan Indosat Palembang Indri, dan Perwakilan Aktivis Mahasiswa STISIPOL Candradimuka di Bidang Jurnalistik Kampus Ina Parlina. Ina Parlina sendiri merupakan salah satu anggota dari tim kelompoknya di mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik yang sukses membuat tugas akhir yang sangat baik, yakni Majalah BIDISA.
(Majalah BIDISA dan Timnya Kelas Reguler Pagi A)
(Karya Jurnalistik Kelas Reguler Pagi A: Majalah PADI, Eks-Kom Magazine, Majalah GENIUS, dan Buletin SOLID)
(Karya Jurnalistik Kelas Reguler Pagi B: Buletin KAPAK, Buletin CANDRADIMUKA, dan Buletin TIMAH)
(Karya Jurnalistik Kelas Reguler Sore: Buletin REAKTIF, Buletin DAMAUMA, Buletin SOROT MATA, dan Buletin STISIPOL CANDRADIMUKA)
(Karya Jurnalistik Kelas Non Reguler: Majalah Kampus CANDIKA)
Jadi memang ajang seminar jurnalistik ini sendiri merupakan sarana untuk STISIPOL Candradimuka kembali membangkitkan keberadaan media jurnalistik kampus. Ada 16 karya yang masuk di panitia, yang terdiri dari 5 majalah (Bidisa, Padi, Eks-Kom, Genius, dan Candika), 9 buletin (Solid Candradimuka, Bucan, Tinta Mahasiswa, Kapak, Anak Panah, Sorot Mata, Reaktif,  Damauma, dan BSC), 1 website (Lpm-stisipolcandradimuka.blogspot.com) dan 1 program radio.
(MC Elin & Siska)
(Ketua Panitia Pelaksana RDOC2015, Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A)
(Puket I, Dr. Hj. Umiyati Idris, M.Si)
Acara seminar yang seluruh panitianya menggunakan dress code hitam ini dipandu MC Elyn Oktarina dan Siska Ramadhanti yang keduanya mahasiswi semester 2 Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka reguler sore. Acara dimulai dengan pemberian kata sambutan Ketua Panitia Pelaksana RDOC 2015, Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari pihak STISIPOL Candradimuka yang sekaligus membuka acara seminar yang kali ini diwakilkan oleh ibu Dr. Hj. Umiyati Idris, M.Si selaku Pembantu Ketua I.
(Penanya yang Beruntung)
(Penyerahan Cenderamata RDOC 2015)
Usai kata sambutan, acara langsung dilanjutkan dengan seminar panel yang dimoderatori oleh Ari Kristianto, mahasiswa semester 6 Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka yang juga penyiar di Radio Sriwijaya FM. Acara seminar berjalan dengan baik, mulai dari panel hingga sesi tanya jawab, serta dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada para pemateri dan penanya yang beruntung dan ditutup dengan pembacaan doa.
(Peserta Mendaftar Ulang dan Mendaftar Untuk Menjadi Anggota LPM STISIPOL Candradimuka)
Follow up dari acara ini sendiri adalah terbitnya berbagai produk media jurnalistik kampus. Oleh karena itu, sembari acara berlangsung, panitia juga menyebarkan formulir pendaftaran Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) STISIPOL Candradimuka kepada sekitar 150 peserta yang hadir di acara seminar jurnalistik ini untuk diisi. So, kapan LPM STISIPOL Candradimuka akan didirikan juga dilaunching keberadaannya? Tunggu saja tanggal mainnya yaa.. InsyaAllah masih di tahun 2015 ini juga.. Salam Komunikasi!!!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...