Minggu, Agustus 23, 2015

Pameran & Penjualan Produk Periklanan RDOC2015

Saya sangat excited dengan event ini! Kenapa tidak, ekspektasi saya terhadap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah saya, yakni Periklanan berada jauh di atas harapan semula. Mereka luar biasa. Dari event ini, saya tersadar bahwa yang salah bukan mahasiswanya untuk tidak aktif atau tidak bisa menunjukkan prestasi lebih, namun sistemlah yang membuatnya demikian. Ketiadaan event atau moment yang tepat dan cara yang jitu untuk bisa memacu mereka adalah alasan besar untuk itu.

Dari sini, pada Pameran & Penjualan Produk Periklanan RDOC2015 yang juga merupakan rangkaian kegiatan dari event besar Rainbow Days of Communication (RDOC) 2015 yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang, pada hari Kamis, 4 Juni 2015 lalu di Lapangan Parkir Perpustakaan STISIPOL Candradimuka menjadi bukti nyata. Sebanyak 14 tim periklanan terbukti mampu unjuk karya dan membuat saya terkagum-kagum dengan usaha mereka.

(Satu Tim Periklanan Beranggotakan 5-7 Orang)
Mengangkat tema tentang “Menaikkan Brand Aura Budaya Lokal Kota Palembang” para mahasiswa STISIPOL Candradimuka diajak untuk berpartisipasi untuk mengikuti Lomba Produk Periklanan dengan jumlah anggota tim sebanyak 5-7 orang. Cuma memang, karena ini lomba perdana yang pernah dilakukan di STISIPOL Candradimuka, saya berpikir bahwa harus ada sedikit usaha “wajib” atau “push” agar pesertanya ada. Alhasil, saya menjadikan ini sebagai ajang nilai akhir untuk mata kuliah Periklanan yang saya ampu di semester genap kemarin.
(Dudin, Salah Seorang Panitia di Tengah Balon Hias Pameran RDOC2015)
Namun, push itu sendiri tidak hanya itu, saya juga membuatnya sangat menarik dengan menjadikannya lomba dan berhadiah uang bernilai jutaan rupiah. Tidak tanggung-tanggung, inilah hadiah yang dirancang dan memang diberikan untuk para pemenang Lomba Penjualan Produk Periklanan RDOC 2015:
Juara I : Rp 1.000.000 + Sertifikat
Juara II : Rp 750.000 + Sertifikat
Juara III : Rp 500.000 + Sertifikat
Juara Favorit : Rp 250.000 + Sertifikat
(Suasana Pameran & Lomba Produk Periklanan RDOC 2015)
Adapun syarat yang ditetapkan untuk lomba ini, yaitu:
  • Menampilkan hasil karya atau produk orisinal (produk sendiri dan belum pernah dilombakan atau dijual di pasaran) minimal sebanyak 10 kemasan
  • Membuat bahan iklan untuk produk (10 brosur dan 1 ex-banner)
  • Satu tim produksi dan pameran periklanan hanya diperkenankan menjual 1 jenis produk namun boleh beragam varian (rasa, bentuk, warna) 
  • Panitia diberikan hak untuk mempublikasikan setiap produk atau karya yang dilombakan dan akan melakukan pameran sekaligus penjualan pada tanggal 4 Juni 2015
(Pembagian Hadiah Untuk Pemenang Lomba Produk Periklanan RDOC2015)
Dibantu oleh dosen komunikasi bisnis Dwi Prihantono, M.I.Kom dan dosen-dosen lain yang ikut mengunjungi stand-stand mahasiswa, akhirnya lomba yang berlangsung pada pukul 10.00-13.00 WIB itu menghasilkan pemenang sebagai berikut:

  • Juara I : Z Nugget (Tim 3 Sore: Ridho Agung Pratama, Juliana Rita Saputri, Ismail Saputra, Alfian DR, dan Reni Handayani)
  • Juara II : Es Betod (Tim 5 Pagi: Dedi Pirsah, M. Ariezona, Nila Vista Gusdal, Rahman, Danu P, dan Budi P)
  • Juara III : Baso Kerikil (Tim 3 Pagi: Alpino, Asuarman Hadi, Rizki Meiliza Sherly, Hendra Dinatha, Rendi Jepri, dan Serli Natalia)
  • Juara Favorit : Es Kacang Merah Lembrek Uenek “Unique” (Tim 3 Nonreg: Ika Mustika Wati, Anggraini R, Ina Parlina, Ibnu Majah, Deni A, Dwita Putri D, dan Aini SS)
(Juara I : Z Nugget)
(Juara II : Es Betod)
(Juara III : Baso Kerikil)
Tim-tim lain sebenarnya juga sama hebatnya. Namun penilaian kemudian dititikberatkan pada kekreatifitasan tim yang mampu mengekplorasi kemampuan periklanannya dalam membuat desain atau ide produk itu sendiri, yang sangat terlihat di aspek kemasan, ex-banner dan brosur. Selain itu penilaian juga dilihat dari kekompakan tim dalam melakukan usaha penjualan. Berikut ini foto-foto produk ataupun tim yang ikut berpartisipasi dalam Pameran & Penjualan Produk Periklanan RDOC2015:
(Tim 1 Pagi: Pempek Jagung Sosis (PJS))
(Tim 2 Pagi: Tekwan Sayur Ceker (Tesaker))
(Tim 3 Pagi: Bakso Kerikil)
(Tim 4 Pagi: Rujak Pempek (Rupek))
(Tim 5 Pagi: Es Betod)
(Tim 6 Pagi: Pempek Rainbow (PemBow))
(Tim 1 Sore: Pempek Keju (Pekju))
(Tim 2 Sore: Lumpia Pempek (Lumpek))
(Tim 3 Sore: Z Nugget)
(Tim 4 Sore: Donat Kentang (Doken Yummy))
(Tim 1 Nonreg: Cibi Rainbow)
(Tim 2 Nonreg: Dadar Guling (DarLing))
(Tim 3 Nonreg: Es Kacang Merah Lambrek Uenek "Unique")
(Tim 4 Nonreg: Pempek Tabok)
Tahun depan, saya masih ingin ada perlombaan produk periklanan ini lagi. Semoga dapat melibatkan mahasiswa lain di luar jurusan Ilmu Komunikasi. Ide-ide seperti ini yang harus terus dikembangkan di STISIPOL Candradimuka. Para mahasiswa itu mampu, tugas saya sesungguhnya hanya mendorong mereka untuk menunjukkan bahwa mereka mampu. Dan benar, memang sebenarnya itulah tugas seorang dosen. Menjadi sosok yang mampu berkata kepada anak didiknya, “Ayoo, maju! Never give up! Semua pasti bisa dilakukan asalkan kita berusaha.” Right?!?

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...