Minggu, September 18, 2016

Belajar Membuat Pempek Bersama Kompasiana Palembang

Kalo ngomongin orang Palembang, mesti semua suka makan pempek. Yang gak suka patut dipertanyakan identitasnya. :D Nah, tapi gak semuanya bisa buat pempek. Mungkin ikut resep yang beredar di buku-buku resep juga bisa. Tapi untuk bisa membuat pempek dan cuko yang enak itu ternyata ada tekniknya.

Beruntung saya bisa ikut Pelatihan Membuat Pempek Bersama Kompasiana Palembang (Kompal) pada hari Sabtu, 28 Agustus 2016 pukul 14.00-19.00 WIB lalu. Ceritanya saya diundang sebagai narasumber, terutama diminta untuk menerangkan tentang sejarah pempek. Iya, hal ini lantaran saya sudah menulis Buku Pempek Palembang (2014). Awalnya juga diminta sebagai pelatih untuk membuat pempek. Hahaha, tapi dari awal saya sudah bilang, “Wah, bukan bidang saya, Mbak Elly. Saya ini peneliti bukan chef,” ujar saya waktu diminta sama makminnya Kompal satu bulan yang lalu.

(Publikasi Awal Tentang Kegiatan di Kompasiana)
(Saat Sedang Memberikan Materi Tentang Sejarah Pempek Untuk Streaming Video)
Jadi, pas hari H, saya pun datang bersama sepupu saya, Ria. Kami langsung disambut hangat oleh anggota Komunitas Kompal. Sebenarnya saya juga punya akun Kompasiana sih, cuma memang sudah lama sekali gak disentuh. Huhuhu...  Buku saya langsung terjual 4 buah di ajang itu. Alhamdulillah, bisa untuk tambahan bayar SPP Fafa. Ada Mbak Elly, Mbak Nana, Mas Anton, dan dr. Posma yang ikut membeli dan sempat meminta tanda tangan saya sebagai penulis. Senengnya... Hihihi...
(Video Youtobe "Kompal: Sejarah pempek extended")
(Ada dr. Posma, Mbak Elly, Mbak Nana dan Mas Anton yang Ikut Membeli Buku Pempek Palembang)
Tak lama, acara pun dimulai. Kita berkumpul di tengah halaman rumahnya Pak Dues K. Arbain (wartawan senior Kompas) yang beralamat di Jl. Kancil Putih Pulau Palembang. Usai dibuka Mbak Elly, saya lalu memberikan materi tentang sejarah pempek. Beberapa videonya bisa dilihat di youtube. Coba cari aja: Kompal Sejarah Pempek dan Kompal Sejarah Pempek Extended. Usai itu acara pelatihan pembuatan pempek pun dimulai.
(Memberikan tanda tangan di Buku Pempek Palembang)
Bersama Mbak Kartika Kartono kita belajar membuat pempek lenjer, pempek telur besar dan kecil, pempek keriting, dan pempek kulit krispy. Wah, hasil akhirnya benar-benar memuaskan. Masing-masing orang yang dateng juga dibawain pempek hasil pelatihan. Plus saya sendiri kebagian buku gratis yang ditulis oleh dr. Posma dan juga dapet gelas dari batok kelapa dari Pak Dues.
(Belajar Membuat Pempek Palembang Bersama Mbak Kartika Kartono)

(Sadar Kamera Dengan Blogger Wongkito juga Deddy Huang)
Banyak kegiatan menarik lho di komunitas ini. Ada yang mau ikutan? Yo ikut aja komunitasnya. Asli, sangat bermanfaat.

1 komentar:

isna saragih mengatakan...

udah liat videonya juga mbak Nita, sukses selalu yah :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...