Senin, Januari 19, 2009

Tanjung Raja's Journey

Minggu (18/1) kemarin, aku dan keluarga pergi ke Tanjung Raja, Ogan Ilir, Sumsel. Nih, merupakan dusunnya ibuku. Jadi, sebagian besar sodara ibuku masih berdomisili di sini. Ada banyak rencana yang kami susun sebelum berangkat. Sebenernya, yang bikin bener-bener ke sana sih karena ada sodara jauh ibu yang meninggal dunia. Tapi, abis takziyah, kami punya agenda laen. Hee...

Lama perjalanan ke sana sekitar 1,5 jam. Perjalanan sempat diisi dengan macet, coz ada truk kontainer yang pecah ban. Kami berangkat jam 8.30 pagi sebanyak 7 orang: aku, ibu, wakso, Juju, Dewi, Dian, dan Ketik. Saat di Indralaya, kami berhenti sebentar. Yups, mampir ke Toko Sumber Desa untuk membeli cemilan dan minuman. Awalnya, ibu mo beli gula cs untuk diberikan sebagai tanda berkabung, tapi gak jadi. Dia malah beli amplop untuk nanti dimasukkan uang. Hee...

Sampe di tempat Wak Tholib (istrinya yang meninggal, Wak Lina), kami langsung disambut anak Wak Tholib. Ternyata Wak Lina (almh) sedang disembayangi di masjid dan akan langsung dikubur. Jadinya, kami cuma duduk sebentar di rumahnya, sembari ibu ngobrol-ngobrol dengan orang yang dikenalnya.

Tiba saatnya perutku untuk diisi. Pengennya ngajak ibu ke kalangan (pasar), jadi kangen pengen maem pindang patin. Tapi gak jadi, coz ternyata keluarga Wak Tholib sudah nyediain makanan untuk yang datang melayat. Makanannya sih sangat sederhana, cuma nasi putih, ikan sepat goreng, tumis kubis+kecambah, sambal cung, dan air mineral. Cuma rasanya lumayan enak kok! Eh, tau gak sih, pas abis makan, tiba-tiba ada anak kecil lucu yang merasa lucu kalo ngelemparin aku sendok. Hik, hik, hik, untung gak kena muka! Dan aku gak marah lho... Hehehe!

Abis makan, aku langsung ngajak ibu untuk cari agenda lain. Akhirnya, kami pun menuju rumah Cik Mur, kakaknya ibuku. Di sana, kami pesta kolak durian dan model sagu khas dusun. Hehehe! Ada kemplang bakar khas dusun juga. Jadi, jangan liat rupa gitu, tapi rasakan saja rasanya. Sempet keluar abis kekenyangan. Mo nyari Iman, sepupuku yang katanya lagi mancing udang di sungai. Eh, udah capek-capek nyari, ternyata dia udah pulang.

Iman ngajak mancing udang di sungai, tapi aku ogak. Tau, tiba-tiba migrenku kumat. Aduh, kayak mo pecah aja, kepalaku. Jadinya, aku tidur di sofa Cik Mur. Abis, kamarnya kotor banget! Gak ngerti deh, rata-rata rumah mereka kotor. Rumah Wak Tholib, rumah Cik Mur, rumah Iman (Cik Tuba). Males banget kayaknya untuk nyapu... Ato emang daerahnya berdebu ya?

Aku tertidur agak lama, sekitar setengah jam. Mana bisa nyenyak lah! Kepala migren, tidur di sofa ruang tamu, bantalnya bau nano-nano lagi. Hee! Aku terbangun karena Dian menyetel TV dengan suara keras. Biasa, dia lagi nonton Idola Cilik. Gak lama aku ikutan nonton, Jun, keponaan sepupuku membeli es cream warna ijo. Lumayan buat menghapus dahaga... Eh, lalu Cik Koya datang, dia bawa duku. Duh, aku maem terus deh jadinya. Hahaha!

Btw, ternyata ibu lagi diurut oleh Frida, tukang urut yang ahli buang angin. Buang angin kalo masuk angin yaa, bukan buang angin yang laen. Dia punya teknik urut yang unik. Jadi, dia lebih fokus ke daerah yang menjadi sumber penyakit. Di sana, dia bilang ada angin yang menggumpal. Makin dalam dan besar gumpalan angin tersebut di tubuh seseorang, maka derita penyakit orang tersebut makin parah. Uniknya itu, setiap dia berhasil mengeluarkan angin, maka dia pasti mengeluarkan suara keras seperti orang sedang bersendawa. Jadi, kalau dia gak bersendawa artinya gak anginnya. Hm...

Penasaran, aku jadi ikut-ikutan mau diurut. Secara pas banget, migrenku lagi kumat-kumatnya. Wih... Lumayan sakit, bok! Pertama emang cuma dipegang-pegang, lalu dikerok pake koin. Jadilah merah-merah semua punggung atas dan leherku. Ini aja masih terasa pegel akibat diurut. Tapi, emang sih, badanku terasa enteng. Kata Frida, angin yang menyebabkan aku migren itu emang sudah masuk terlalu dalam. Ciyee... Hehehe!

Akhirnya, semua pun diurut, wakso, ibu, aku, Dewi dan Dian. Kita pulang jam 5 sore. Sebelumnya, mampir dulu ke kalangan. Kita beli durian dan duku. Yah, pulang deh... Perjalanan pulang, kena macet lagi! Coz mobil truk kontainer yang tadi pagi bannya pecah belum juga diperbaiki. Ya udah... Itu kisah perjalananku ke Tanjung Raja! Seru, kenyang, dan sakit... Hahaha...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...