Rabu, Mei 28, 2014

Give Away Launching Buku Pempek Palembang

Memahami budaya memang menjadi hal yang tidak dapat dianggap remeh lagi dewasa ini. Dengan memahami budaya, kita otomatis diajak untuk memahami diri kita sendiri, sejarah keberadaan dan pelekatan identitas yang pada akhirnya berfungsi untuk berada dalam posisi sadar dan bangga atas itu. Budaya dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, sebagaimana dikatakan oleh Koentjaraningrat (1986), setidaknya ia dapat dipahami mulai dari aspek cultural system (gagasan), social system (perilaku), sampai material culture (benda). Memahami tentang pempek dan kebudayaan, maka kita akan melihat pempek sebagai material culture (benda). Tidak hanya pempek, namun juga bisa dilekatkan pada berbagai jenis kuliner lokal kebanggaan nasional lainnya.

Dari pemahaman itu, launching buku karya Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A (Dosen Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka) yang berjudul “Pempek Palembang Mendeskripsikan Identitas Wong Kito Melalui Kuliner Kebanggaan Mereka” ini berangkat dari motivasi sebagai usaha untuk lebih memahami proses kebudayaan tersebut. Buku ini juga dapat menjadi buku ajar dalam mempelajari budaya lokal dan fenomena yang terjadi di ruang realitas tersebut, khususnya tentang bagaimana pembentukan interpretasi realitas: nilai budaya, bagaimana konstruksi identitas kelokalan, dan bagaimana memahami kebudayaan Palembang dari sudut pandang kuliner.
Secara sederhana, buku ini terdiri dari tiga pembahasan, yakni mengenai wong kito dan kotanya, wong kito dan kulinernya, dan wong kito dan pempeknya. Bagi Anda yang tertarik memahami tentang keterikatan antara Palembang – Wong Kito – dan pempeknya, maka buku ini jangan Anda lewatkan. Buku ini merupakan intisari dari hasil penelitian tesis Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A yang berjudul “Kuliner dan Konstruksi Identitas Kelokalan: Studi Kasus Tentang Pempek Bagi “Wong Kito” di Kota Palembang”.

Dalam rangka launching buku Pempek Palembang, kami akan mengadakan kegiatan Give Away bagi 8 blogger yang beruntung. Bagaimana caranya? Berikut ketentuannya:

  1. Tulislah, dalam maksimal 500 kata, pengalaman, upaya dan niat Anda sejauh ini dalam memperhatikan kuliner lokal kebanggaan nasional. Boleh tentang Pempek Palembang, ataupun tentang ragam jenis kuliner lokal lainnya.
  2. Butuh ide? Boleh baca-baca postingan di blog Mari Bercerita Dengan Nita, mulailah dari tulisan Pempek Sebagai Identitas Kuliner Wong Palembang
  3. Satu peserta kirim maksimal satu tulisan.
  4. Artikel belum pernah dipublikasikan di media mana pun.
  5. Cantumkan kalimat berikut ini di paling bawah tulisan: “Tulisan ini diikutsertakan dalam Give Away Launching Buku Pempek Palembang yang diadakan oleh Mari Bercerita Dengan Nita”
  6. Pada tulisan ‘Give Away’ beri backlink: http://nitastory.blogspot.com/2014/05/give-away-launching-buku-pempek.html
  7. Pada tulisan ‘Buku Pempek Palembang’ beri backlink: http://www.leutikaprio.com/produk/111233/laporan_penelitian/1403971/pempek_palembang_mendeskripsikan_identitas_wong_kito_melalui_kuliner_lokal_kebanggaan_mereka/14015823/sumarni_bayu_anita_ssos_ma 
  8. Pada tulisan ‘Mari Bercerita Dengan Nita’ beri backlink: http://nitastory.blogspot.com/.
  9. Beri image cover buku Pempek Palembang atau image launching buku Pempek Palembang pada tulisan Anda.
  10. Ditulis dengan bahasa Indonesia yang wajar (bukan alay, misalnya: M4s A22et 94nten9, ciyuuus…) dan tidak menyinggung sara, juga tidak saru.
  11. Hal-hal seperti font, spasi antar baris, dsb diatur agar enak dibaca dan tidak membuat lelah mata membaca.
  12. Mempunyai alamat di Indonesia (untuk memudahkan pengiriman hadiah).
  13. Give Away diadakan mulai 28 Mei 2014 sampai dengan 28 Juni 2014, pukul 23.59 WIB.
  14. Pasanglah tulisan Anda di blog—boleh di blog pribadi maupun komunitas, seperti blogdetik, kompasiana, dsb.
  15. Link blog post Anda ke kolom komentar di bawah ini—beri nama lengkap dan alamat twitter.
  16. Tweet link postingan Anda dengan format: [judul tulisan] – #PempekPalembang – @anitashiva88 – [Link blog post Anda].
  17. Daftarkan tulisan Anda di kolom komentar artikel ini paling lambat 28 Juni 2014, pukul 23:59 WIB.

Penilaian
Give Away ini bukan sekedar promosi buku, namun kami secara tulus ingin meningkatkan kesadaran akan upaya memperhatikan kepedulian kita akan kuliner lokal. Buatlah tulisan yang menginformasikan dan menginspirasi!

Pemenang
Nama para pemenang akan diumumkan di http://nitastory.blogspot.com/ pada tanggal 30 Juni 2014. Akan dipilih 8 pemenang, yang mendapatkan:
8 Tulisan Terpilih masing-masing mendapatkan 1 Buku Pempek Palembang, 1 sticker, dan 1 pin.
1 Ulasan Terbaik akan mendapatkan 1 Buku Pempek Palembang, 1 sticker, 1 pin, dan 1 kaos.

Juri
Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A, Penulis Buku Pempek Palembang

Jadi, tunggu apa lagi? Bagikan inspirasi Anda!
Good Luck!

6 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

Saya ikutan giveawaynya ya

Nama:Hastira Soekardi
Alamat:Jalan Perjuangan Blok C-3 Komplek PDK Cirebon 45132
Twitter;@hastiraS
URL:http://mamahtira.blogspot.com/2014/06/empal-gentong-selera-wong-cirebon.html

rita asmaraningsih mengatakan...

Aku juga ikutan ya Mbak...

Nama: Rita Asmaraningsih
Alamat: Jln.Swadaya/Perikanan V-B
nO.247 rt 03 rt 05 Talang Aman Palembang 30127
Twitter: @RAsmaraningsih
URL: http://www.ritaasmara.blogspot.com/2014/06/kue-lapan-jam-sajian-lebaran-wong-palembang.html

Nita mengatakan...

Oke... Dua-duanya menang yaaa... Segera saya kirimkan buku Pempek Palembang + pin + sticker ke alamat Tira & Rita. Terima kasih banyak atas partisipasinya. ^^

Rita Asmaraningsih mengatakan...

Wah...makasih banyak Mbak Nita... Ini berkah ramadhan...alhamdulillah...

Tira Soekardi mengatakan...

terimakasi mbak Nita. mudah2an bukunya bisa bermanfaat

www.budiprihono.com mengatakan...

di solo yang namanya pempek baru berkembang dan mulai menjamur lhoo ada pempek ny kamto, raja rasa dll ... kapan kapan mampirlah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...