Kamis, Desember 26, 2013

Menjadi Narasumber di Program "Obrolan Kito" - SKY TV

Ini tidak direncanakan. Niat awal dan memang begitu adanya, bahwa kehadiran ke SKY TV (CH 44 UHF) Palembang yang beralamat di Jl. Hang Jebat No. 11 Kelurahan Ilir Barat I Palembang hanya untuk kunjungan mata kuliah Media Relations yang saya ampu selaku dosen di STISIPOL Candradimuka. Namun, dalam kegiatan yang bertajuk STISIPOL Candradimuka Goes To Media bersama para mahasiswa Semester III Weekend/Non Reguler Jurusan Ilmu Komunikasi itu, ternyata saya mendapatkan pengalaman yang lebih dari itu.

Yups, saya ditawarkan untuk menjadi narasumber utama di program televisi “Obrolan Kito” yang tayang live selama 1 jam dari pukul 16.00 – 17.00 WIB di SKY TV Palembang saat tengah menemani mahasiswa melakukan kuliah luar kampus di sana. Kami datang ke SKY TV memang sore hari, sekitar pukul 3 sore. Mata kuliah Media Relations yang mempelajari bagaimana hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak media membuat saya kemudian memilih SKY TV sebagai tempat tujuan. Selain memang karena ternyata ada mahasiswi saya, Melly, yang kerja di sana, jadi tentu lebih mempermudah urusan untuk bisa ke sana. Hee…

(Suasana ketika syuting "Obrolan Kito" - SKY TV)
Masuk tipi! Hehe.. Yah, tentu ini bukan kali pertama saya mendapatkan kesempatan untuk bisa tampil di salah satu media yang selama ini selalu saya ajarkan ke mahasiswa saya. Tapi untuk menjadi narasumber utamanya, boleh saya katakan ini adalah pengalaman pertama saya. Jadi, wajar yaaa (nyari pembelaan, hihihi…) kalo masih agak canggung. Beberapa kali saya salah posisi kaki, atau refleks melihat kode “iklan” sehingga mendadak menghentikan pembicaraan saya. Hehe, kalau ingat, suka senyum-senyum sendiri. Tapiii… untungnya, secara umum semua berjalan lancar. Terima kasih buat Mira, mahasiswi saya juga yang sudah mendandani saya sebelum tampil. Dan juga mahasiswa-mahasiswi lain yang sudah memberikan support, kayak Nelly, Dewi, Tri, Husni, Ade, Dian, dan Heri. ^^

(With mahasiswa Ilmu Komunikasi di SKY TV)
Jadiii… Urutan kegiatan STISIPOL Candradimuka Goes To Media ke SKY TV Palembang ini, dimulai dari perkenalan perusahaan dengan Kabironya sekitar setengah jam, lanjut melihat-lihat suasana ruang kerja dan studio, lalu tanya jawab, kemudian syuting acara ini sendiri, “Obrolan Kito” dengan tema Perkuliahan di STISIPOL Candradimuka. Lancar jaya deh, kalo mau menceritakan tentang STISIPOL Candradimuka. Hihihi… Iya, mulai dari sejarah, perkembangan, macam-macam jurusan, kegiatan kemahasiswaan, fasilitas, dll, alhamdulillah saya tahu. Kan saya selain, dosen, merangkap sekjur Ilmu Komunikasi, merangkap “marcomm”-nya juga. Hohoho… Baru setelah usai syuting, ada moment penyerahan plakat atau kenang-kenangan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Non Reguler Semester III STISIPOL Candradimuka kepada SKY TV yang dalam hal ini diwakilkan oleh saya kepada Bapak Kabironya.

(Ketika presentasi tentang SKY TV kepada mahasiswa)
Sekilas tentang SKY TV sendiri… Jadi, SKY TV ini milik PT Televisi Panji Gemilang Persada. Televisi yang masih satu grup dengan surat kabar harian Berita Pagi yang terbit di Palembang ini mendapatkan izin mengudara pada awal 2006, berbarengan dengan Candradimuka TV lhoo..., tetapi karena ada sesuatu dan lain hal akhirnya baru mengudara pada tahun 2009. SKY TV mempunyai daya jangkau untuk Kota Palembang dan sekitarnya dalam radius 250 km dengan power transmisi maksimal 20 KV. SKY TV sendiri tayang setiap hari sejak pukul 16.00 – 20.00 WIB dengan menayangkan sejumlah program acara yang dirancang dengan muatan lokal atau khusus tentang daerah Sumatera Selatan. Selebihnya, atau di luar jam itu, tayangan-tayangan di SKY TV merupakan relay dari pusat.

(Mana dosen, mana mahasiswa? Hihi..)
Sebenarnya, selain media televisi, kegiatan kunjungan mata kuliah ini bisa dilakukan ke mana saja, yang penting perkuliahan tidak dilakukan di dalam kelas. Saya sendiri sebagai dosen, merasa ini sangat bagus, selain mahasiswa lebih memahami praktek dari teori-teori yang dipelajari di kelas, mereka juga bisa sekalian jalan-jalan untuk menghilangkan kejenuhan dari proses belajar yang hanya di kelas. Yah, saya pernah menjadi mahasiswa juga soalnya, dan ini tentu pernah saya rasakan juga. Makanya, metode-metode pembelajaran yang kreatif coba terus saya kembangkan untuk mendapatkan pola yang cocok untuk mahasiswa-mahasiswa saya. Misalnya, dengan presentasi individu, presentasi kelompok, tugas praktek, menonton film, tugas essay, tugas poster, tugas blog, termasuk juga program kuliah di luar kelas seperti ini. ^^

(Penyerahan plakat untuk SKY TV Palembang)
Well, terima kasih SKY TV atas sambutannya yang begitu hangat kepada kita, sampai langsung diperkenankan untuk mengisi tayangan “Obrolan Kito” yang tayang live selama 1 jam. Sebuah keberuntungan sekali buat kami tentunya, mengingat banyak yang ingin mengisi acara tersebut dan harus antri. Sukses selalu untuk SKY TV seterusnya, semoga menjadi televisi dengan program-program yang selalu dinantikan masyarakat Palembang penayangannya. Aamiin…

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...