Jumat, Desember 20, 2013

Kunjungan Industri ke Pabrik Teh Botol Sosro

Hallo Sosroooo…. Hihihi! Yups, walau persiapannya dadakan tapi, thanks God cerita Kunjungan Industri ke Pabrik Teh Botol Sosro bersama mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Bina Darma (UBD) Palembang berjalan dengan lancar, Rabu, 18 Desember 2013. Kunjungan yang diikuti oleh sekitar 75 orang ini terdiri dari mahasiswa semester III, V, dan VII. Sedangkan yang semester I-nya sendiri kebetulan harus menghadapi mid semester di hari yang sama. Jadi gak bisa ikutan. Sayang sih, sebenernya. Hee…

Ide untuk melakukan kunjungan ini sendiri muncul tak sengaja saat perkuliahan Strategi Pemasaran Produk, Kamis, 12 Desember 2013. Saya yang selesai menilai seluruh mahasiswa tampil presentasi untuk memahami apa itu 4P (Product, Price, Place, Promotion), STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threats) yang disertai dengan menilai usaha pemasaran produk tersebut terhadap 3 kompetitor terkuatnya kemudian memberikan tawaran untuk melakukan kunjungan ke perusahaan langsung. Hal ini agar mahasiswa lebih memahami apa yang mereka pelajari. Ternyata sambutan mahasiswa sangat antusias. Yups, gayung pun bersambut!

(With Adhes & Fafa di Pabrik Teh Botol Sosro)
Beberapa nama perusahaan sempat terlontar. Akhirnya dipilih Teh Botol Sosro karena dinilai akan lebih banyak memberikan gambaran yang jelas tentang mata kuliah Strategi Pemasaran Produk. So, sayapun menghubungi teman lama saya yang sekarang bekerja di Sosro, Citra Adhesti Surya, sama-sama alumni SMU Plus Negeri 17 Palembang melalui pesan bbm, Jumat, 13 Desember 2013. Melalui Adhes, lalu saya mendapat tanggal kunjungan yang kemudian meminta saya untuk mengirimkan surat permohonan kunjungan segera. Dengan bantuan mahasiswa, Budi, yang kemudian harus mengurus surat tersebut di administrasi UBD, akhirnya surat itu pun jadi dan terkirimkan via email.

(Fafa jadi pengunjung terunyu-unyu... Hihihi)
Segala urusan yang berkaitan tentang bus transportasi, konsumsi, spanduk, dan lain-lain saya serahkan kepada mahasiswa yang mengkoordinirnya. Dan syukurlah, ternyata mereka semua bisa diandalkan. Pada hari H, saya sendiri harus mengikuti Sosialisasi Pengisian SIPKD (Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen) di Kantor Kopertis Wilayah II paginya. Pukul 11 sosialiasi berakhir, saya kemudian pulang untuk kembali pergi dengan membawa serta Fafa dan menunggu rombongan dari Km. 6. Hihihi… Yaa, selain Adhes yang minta Fafa diajak, kayaknya juga hal yang bagus juga mengajak Fafa jalan-jalan. Jadiii… Fafa menjadi peserta kunjungan termuda di kegiatan ini.

(Bersama mahasiswa Fikom UBD)
Apa yang kami peroleh selama kunjungan di Pabrik Teh Botol Sosro Palembang yang beralamat di Jl. Camat 1 Raya Palembang – Betung Km. 16 Sukajadi Kec. Talang Kelapa Kab. Banyu Asin Sumatera Selatan ini benar-benar memuaskan. Iyaa, gak bermaksud melebih-lebihkan, tapi memang begitulah adanya. Ketika kami datang, kami disambut dengan foto bersama di depan gedung. Lalu disuguhkan Teh Botol Sosro dan Fruit Tea, baru kemudian memasuki auditorium dan menonton tayangan video company profile Teh Botol Sosro.

(Tiada hari tanpa petualangan baru... ^^)
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Sosro, yang dalam hal ini dilakukan oleh Mbak Rani dan Mbak Weni. Saya sendiri sempat diminta maju ke depan untuk memberikan kata sambutan yang dianggap sebagai tetua rombongan. Hihihi… Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan pabrik. Setiap orang lalu wajib mengenakan topi pabrik yang berwarna oranye. Hihihi, termasuk Fafa juga ikutan mengenakannya. Kita pun berkeliling, melihat botol-botol Fruit Tea dicuci, lalu disterilkan, diisi teh, ditutup, dan kemudian ditaruh dalam krat-krat yang jumlahnya sangat banyak. Kita juga diajak melihat proses pengolahan limbah yang ada di sana.

Usai berkunjung, kami diajak menikmati makan siang yang sudah disiapkan oleh Sosro. Kemudian baru dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sosialisasi tentang Facebook Kunjungan Ke Sosro, penyerahan cindera mata, dan foto bersama. Hm… Acara yang berlangsung sejak pukul 12.30 – 15.30 WIB itu pun berakhir dengan menyenangkan. Beberapa mahasiswa dibagi-bagikan pena Sosro sebagai souvenir. Saya sendiri selain pena, juga dioleh-olehin Adhes sepaket produk Sosro. Aseeeek, makasih banyak Adheees… Hihihi… Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya jemputan pun datang. Saya dan Fafa pulang duluan, sedangkan mahasiswa yang lain kembali naik 2 buah bus yang sudah mereka sewa untuk kemudian kembali membawa mereka ke UBD. The end. 

1 komentar:

Akhmad Hidayatullah mengatakan...

mbak boleh di bantu untuk contact person nya kah? kami dari SMA Negeri 1 Muara Rupit kabupaten Musi Rawas Utara juga berkinginan untuk melakukan kunjungan industri ke sana bulan November.
Maturunuwun
Hidayatullah
081369992952

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...