Selasa, Desember 09, 2008

Klasifikasi Hubungan dengan Publik Sasaran

Tujuan sentral humas yang akan dicapai adalah tujuan organisasi, sebab humas dibentuk atau digiatkan guna menunjang manajemen yang berupaya mencapai tujuan organisasi, dengan komunikasi sebagai kegiatannya yang utama. Sasaran kegiatan humas adalah publik intern dan publik ekstern, sedangkan tujuannya adalah terbinanya hubungan harmonis antara organisasi dengan publik tersebut.
Publik intern dan ekstern yang menjadi sasaran humas itu amat kompleks, dan manajemen suatu organisasi yang harus didukungnya sangat rumit sehingga, untuk menanganinya secara efektif (menimbulkan hasil yang sesuai dengan harapan) dan efisien (tujuan dicapai secara optimal dengan biaya, waktu, dan personel yang minimal), humas harus melakukan kegiatan yang sistematis (penyusunan yang runtut secara seksama). Sistematika kegiatan humas berlangsung menurut tahap-tahap penelitian, perencanaan, penggiatan, dan penilaian.

1. Hubungan Dengan Publik Intern
Publik intern sebagai sasaran humas terdiri atas orang-orang yang bergiat di dalam organisasi (perusahaan, instansi, lembaga, badan dan sebagainya) dan yang secara fungsional mempunyai tugas dan pekerjaan serta hak dan kewajiban tertentu.
a. Hubungan Dengan Karyawan (Employee Relations)
Hubungan dengan karyawan merupakan suatu kekuatan yang hidup dan dinamis, yang dibangun dan diruntuhkan dalam hubungan dengan perseorangan sehari-hari, terbina di belakang bangku kerja, mesin, dan meja tulis (Archibald Williams, dalam “Employee Relations”). Humas bertujuan untuk menciptakan dan mewujudkan hubungan yang harmonis antara pimpinan organisasi dengan para karyawan. Petugas humas harus sering beranjak dari kamar kerjanya untuk menghubungi para karyawan dalam rangka memantau keresahan para karyawan yang tak terungkapkan. Kuncinya berdasar pada hubungan manusiawi yang berupa motivasi/dorongan, yang diperoleh dari komunikasi persuasif.
Komunikasi dapat dilakukan oleh petugas humas secara lisan atau melalui media, formal atau tak formal, yang kesemuanya berlangsung timbal balik. Dengan keterampilan berkomunikasi, petugas humas di satu pihak dapat menjadi mediator untuk menyalurkan perasaan para karyawan kepada pimpinan, di lain pihak sebagai motivator untuk membangkitkan daya juang untuk berpartisipasi.
b. Hubungan Dengan Pemegang Saham (Stockholder Relations)
Hubungan dengan para pemegang saham harus selalu dibina dalam rangka menumbuhkan kepercayaan mereka kepada perusahaan. Komunikasi itu, antara lain sebagai berikut :
(1) Menyatakan selamat kepada pemegang saham baru
(2) Mengirimkan berkala organisasi
(3) Menyampaikan laporan tahunan

2. Hubungan Dengan Publik Ekstern
Publik ekstern sebagai sasaran kegiatan humas terdiri atas orang-orang atau anggota-anggota masyarakat di luar organisasi, baik yang ada kaitannya dengan organisasi maupun yang diharapkan atau diduga ada kaitannya dengan organisasi.
a. Hubungan Dengan Pelanggan (Customer Relations)
b. Hubungan Dengan Komunitas (Community Relations)
c. Hubungan Dengan Pemerintah (Government Relations)
d. Hubungan Dengan Media Massa (Mass Media Relations)
Hubungan petugas humas dengan publik ekstern di atas pada dasarnya bertujuan sama, yakni membina hubungan yang harmonis sehingga berdampak positif bagi kelangsungan organisasi. Cara yang dilakukan dapat berupa iklan, propaganda, komunikasi formal, maupun pelaksanaan kegiatan tertentu.

PUSTAKA
Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Rosda : Bandung.

(Tugas Mata Kuliah Hubungan Masyarakat, D3 Public Relations UGM, Tahun 2003)

4 komentar:

Juki mengatakan...

Assalamu'alaikum mba' Nita, kenalin ni kiki. G sengaja browsing tentang sasaran humas di google, eh temental di blognya mba' n_n
oia kiki juga nyimpen artikel punyanya mba' yang berkaitan dengan humas sebagai bahan bacaan kiki buat nyusun LAPORAN AKHIR di poltek ntar karena tema LA kiki tentang humas. Terima kasih. Sukses slalu y
salam kenal
Wassalam

Nita mengatakan...

Waalaikumsalam...
Halo, Kiki! Salam kenal juga... Oya, silahkan aja, klo mo copy tulisanku. Pengennya sih, posting lebih banyak lagi ttg humas/PR. Tunggu aja, ntar malah lebih fresh! Kalo yang ini kan, tugas kuliah kemaren. Hehehe...
Btw, udah mo bikin Laporan Akhir, tho? Bentar lagi mo lulus dong??? Sukses juga buat Kiki ya...

Juki mengatakan...

assalamu'alaikum Mba' Nita pa kabar?? yee makasih ye ude di respon commentnya n_n
Mba' kalo g keberatan, kiki lagi nyari buku2 tentang HUMAS especially tentang Employee Relations, kalo Mba' punya banyak referensi buku2 itu, boleh dikasih tahu dong he he!!Rencananya kiki mau angkat tema tentang Employee Relations, kiki pengen banget minta pendapatnya Mba'?? he he makasih banyak ya Mba'
sukses buat pekerjaan, keluarga dan lainnya.
wassalam

Juki mengatakan...

Assalamu'alaikum

Mba' kiki mau nanya tentang program kehumasan itu kayak apa aja??

Thax
Wassalam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...