Rabu, Desember 17, 2008

Ketika Tes Tentor

Waktu sudah menunjukkan pukul 9 pagi, ketika aku dan Kepala Operasional Outlet (KOO)-ku tiba di Super Bimbel GSC Patal untuk menjadi penilai ketika tes kenaikan golongan tentor GSC Sudirman dilakukan. Yah, semua harus kembali ke pusat, kalau ingin melakukan kenaikan golongan. Aku sih termasuk golongan staf, bukan tentor, jadi untuk masalah kenaikan golongan disesuaiin dengan masa kerja dan prestasi kerja.
Selama hampir 9 bulan bergabung di PT. Gema Sukses Cemerlang, dengan merk dagang Super Bimbel GSC, aku sudah beberapa kali menjadi penilai tes. Awalnya sih, bingung juga, ttg apa yang harus kunilai. Jangan-jangan, aku gak obyektif lagi... Masalahnya, aku gak berlatar belakang tentor atau dari pengajar. Aku masuk GSC langsung terjun di Team Leaders, kemudian ditunjuk sebagai Kepala Outlet (KO). Yang jelas, para penilai tes diberi form yang harus diisi, meliputi: Isi Motivasi, Penguasaan Kelas, Teknik Penulisan, Sikap Penampilan, dan Intonasi Suara. Nilai minimal 50, maksimal 80. Untuk lulus, total nilai harus lebih dari 400.
Jadi dulu kalo lagi nilai, aku mbayangin guru paling favorit di sekolah. Jadi, setidaknya, orang yang kunilai harus mendekati karakteristik guru tersebut. Simpel, dia harus smart, jadi kalau siswa nanya, dia gak balik nanya. Trus, friendly, banyak bahan humor, jadi orang belajar gak ngantuk. Trus... Banyak juga sih!
Intinya, belajar tuh harus dibawa nyenengin. Tentor-tentor GSC mesti gitu, tuh... Nah, jadi kemaren pas tes tentor, aku kembali jadi pengetes. Bukan karena aku bagian HRD, tapi karena aku KO. jadi, kalo di GSC, KO juga punya tanggung jawab untuk mengontrol kualitas tentor. Masalahnya, tuh tentor kan tentor di outletku, Super Bimbel GSC Sudirman, jadi harus ikut berperan serta.
Pernah juga pelit kasih nilai, apalagi kalo liat si tentor gugupan, lupa-lupa materi, trus kaku. Emang, kalo aku disuruh maju, mungkin aku juga 11-12, gugup dkk. Tapi kan jelas, itu bukan kerjaan aku. Wajar dong... Hm, tapi, gak kok, rata-rata tentor-tentorku bagus. Suka dikasih tahu, paling kalo ada yang bandel, cuma segelintir orang. Dan bandelnya gak susah-susah amat.
Ya udah, selagi bisa kasih gede, itu pasti karena tuh tentor oke banget! Kalo kecil, yaa itu maunya si tentor sendiri... Hehehe!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...