Selasa, Desember 09, 2008

Apa itu Hubungan Masyarakat?

Hubungan Masyarakat adalah :
a) Humas adalah membangun hubungan baik secara sistematis antara kelompok publik atau orang, bahwa organisasi mempunyai ikatan atau ketergantungan. (F.E. Hollander, Doelmatig Bedrijfsbheer, 1952).
b) Humas merupakan kesadaran pentingnya hubungan baik, sistematis, dengan organisasi dari dunia luar. (Dr. M. Weisglas, Een Terreinverkenning, 1955).
c) Humas secara teratur mempraktikkan komunikasi yang baik dan tepat dengan kelompok orang dalam organisasi mempunyai kepentingan untuk melakukan perubahan dalam kerja sama menyangkut fungsi dari organisasi mendatang. (Hugo A. de Roode, Inleiding Instituut voor HBO, part-time opleiding Public Relations, Voorlichting en Kommunicatie, 1976).
d) Humas merupakan upaya yang disengaja, direncanakan, dan dilakukan terus-menerus untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antarorganisasi dengan publiknya. (Institute of Public Relations, United Kingdom).
e) Humas merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi perilaku publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dengan interes publik dan melaksanakan program tindakan (komunikasi) untuk mendapatkan pemahaman dan pengertian publik. (Denny Griswold, uitgever van Public Relations News, New York).
f) Humas adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/badan. (Howard Bonham, Vice Chairman, American National Red Cross)

KESIMPULAN
Selain di atas, masih banyak pendapat yang intinya hampir sama dengan be good and tell it.
Hubungan Masyarakat itu sendiri adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu :
a. penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya;
perencanaan yang direncanakan;
pelaksanaan yang tepat
evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Dari ribuan definisi yang ada para ahli melihat hal yang sangat mencolok, yakni “Konsepnya menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik secara teratur antara organisasi dengan publiknya”.
Definisi kerja Humas yang resmi dari IPRA (1982) adalah sebagai berikut :
Humas merupakan fungsi manajemen yang khas yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan; membantu manajemen memberikan penerangan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini publik; menetapkan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan umum; menopang manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan; dan menggunakan penelitian secara teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.

PUSTAKA
Sr. Maria Assumpta Rumanti OSF. Dasar-Dasar Public Relations Teori Dan Praktek. 2002. Jakarta-Grasindo.
Oemi Abdurrachman, M.A. Dasar-Dasar Public Relations. 2001. Bandung-Citra Aditya Bakti.

(Tugas Mata Kuliah Hubungan Masyarakat, D3 Public Relations UGM, Tahun 2003)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...