Rabu, Desember 10, 2008

Karakteristik Media Radio

Radio adalah sebuah media utama informasi, hiburan dan pendidikan massal yang sangat populer. Selama 60 tahun lebih radio menduduki peran sebagai media yang utama, meskipun tentu saja arti pentingnya bervariasi dari satu negara ke negara lainnya. Adapun contohnya seperti: British Broadcasting Corporation (BBC) di Inggris, Radio Republik Indonesia (RRI) di Indonesia, Solo FM di Solo, atau Fiesta FM di FISIP UNS. Masing-masing dari lembaga siaran tersebut memiliki skala yang berbeda-beda, mulai dari internasional, nasional, lokal, dan komunitas.
Radio tidak hanya berbeda dari media lainnya, tetapi juga memiliki keunggulan dan ciri khas tertentu. Adapun karakteristik dari radio adalah sebagai berikut :

Kelebihan Radio :
1) Radio mengandalkan suara manusia untuk mendekatkan diri dengan khalayaknya. Oleh karena itu kualitas suara penyiar mutlak penting. Orang-orang hanya akan mau mendengarkan siaran radio apabila suara penyiarnya menarik, meskipun mereka tidak mengenal siapa orangnya.
2) Materi program radio dapat diproduksi secara cepat dan murah, bahkan hanya dengan memasang pesawat telepon saja suatu acara bisa dilangsungkan.
3) Penemuan transistor dan teknik redifusi membuat radio begitu populer sehingga dinikmati oleh jutaan orang, termasuk yang buta huruf.
4) Karena kesederhanaan operasinya, suatu stasiun radio bisa memancarkan siarannya dalam berbagai bahasa. Ini sangat ideal bagi negara-negara yang memiliki banyak etnik dan bahasa daerah. Radio juga menjadi wahana komunikasi yang handal di daerah-daerah yang kekurangan listrik.

Kelemahan Radio :
1) Materi-materi siarannya sulit dicatat atau disimpan.
2) Karena sedemikian populernya, radio kadang-kadang bisa juga mengganggu. Banyak orang menyukai suara radio sembari bekerja sehingga ia tetap membunyikan radionya di kala bekerja. Baginya mungkin menarik, tapi belum tentu bagi rekan-rekan yang ada disekitarnya. Selain merupakan pemborosan energi, kebiasaan seperti itu juga mengganggu dan menjadi sumber polusi suara.

Bahan Bacaan :
Jefkins, Frank. 1992. Public Relations. Penerbit Erlangga: Jakarta.

(Tugas Mata Kuliah Manajemen Media Massa, S1 Ilmu Komunikasi UNS, Tahun 2006)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...