Kamis, Desember 18, 2008

Lebaran Idul Adha-ku (Edisi Makanan)

Walau udah agak lama, tapi gak pa-pa kali yaa, aku cerita tentang makanan khas lebaran di rumahku. Asli deh, lebaran haji kemaren, dirayain secara sangat sederhana. Yah, banyak alasan. Pertama, di rumah sepi, gak kayak tahun kemarin, semua ada. Sekarang kan udah minus Bapak (alm) dan Yuk Empit yang ikut suami berlebaran di Bangko - Jambi. Jadi, lebaran Idul Adha ini di rumah cuma diikuti oleh aku, Ibu, Dewi, Dian dan Juju.
Tahun ini, giliran Bapak (alm) yang berkurban 1 ekor kambing. Rencana mo di dekat rumah, tapi karena di masjid ini udah kebanyakan yang berkurban tahun ini, pindahlah berkurbannya dititipkan sama Lek Surat di Purworejo. Jadi, walau berkurban tetep gak dapet bagian daging. Kan jauh... (Ya ampyuun... Gak segitunya kali, ngarepin daging kurban. Hehehe...)

Persiapan makanan untuk lebaran mepet banget. Dua hari sebelum hari H. Yang jelas, kami minta dibuatin opor ayam dan sambal ati sapi, kentang dan telur puyuh. Yang buat siapa? Gotong royong! Tapi yang jelas, racikan bumbunya tetap si ibu cantik. Hehehe! Pas makanan sudah masak, walau belum lebaran (besok), tetap aja kami makan duluan. Abis ngiler sih... Btw, lebaran kali ini, kita minus ketupat. Jadi, cuma make nasi... (Apa dampak krisis BBM, ya? Hahaha, kan ngerebus ketupat butuh waktu lama!)
Untuk kue, rata-rata beli, kayak kue basahnya itu maksuba dan lapis srikaya. Kalo kue keringnya, kayak nastar, astor, kacang coklat, ma sagu keju, permen. Itu beli. Yang bikin itu brownies buatan Dewi. Lihat tuh, seru banget naruh-naruh hiasan bunga di atas kue. Dia bilang, ini contoh awal untuk kemudian bersedia membuatkan aku kue tart perkawinan kalo aku nikah besok. Cailee, orang Indonesia mah, gak butuh kue tart perkawinan kali yaa?
Yups, nih, makanan-makanan khas lebaran di rumahku. Kalo makanannya enak, gak usah nunggu lama-lama, 3 hari udah pada ludes! Oya, satu lagi, biar praktis, lebaran kali ini, kita gak bikin es buah kayak tahun kemaren. Gak juga beli Sprite, dkk. Kita lebih milih beli air mineral Aira sama Ale-Ale. Hahaha! Sama-sama enak, kok! Tapi murah...
Oke, deh, buat kamu semuanya: "Met Idul Adha 1429 H, yaa... Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin."

1 komentar:

Eurek Mazeno mengatakan...

Yuk yang suka Taruhan Online Bisa Kunjungi kita di BandarVIP.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...