Rabu, Desember 10, 2008

Tentang Duniaku

"Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari..." (Pramoedya Ananta Toer)

Hidupku sangat istimewa. Hari-harinya selalu dipenuhi oleh cinta dan rasa mandiri yang luar biasa. Aku tidak akan pernah mengeluhkan apa yang telah kumiliki saat ini. Semua perjuangan yang telah kulakukan di hari kemarin, telah mengantarkan aku ke sosok Nee-tha saat ini. Dan kuyakini segala perjuanganku saat ini akan mengantarkan aku ke sosok Nee-tha di masa depan.
Aku selalu haus dengan ilmu, segala hal yang menarik jiwaku, sebisa mungkin akan kucicipi untuk kupelajari. Semuanya akan menjadi bekal diri menuju kematangan yang sesungguhnya. Bila dulu aku sangat takut menjadi dewasa, saat keputusan harus dibarengi dengan tanggung jawab. Kini, sedikit demi sedikit aku merasa aku telah mampu mengikis semua ketakutan itu. Tak ada yang tak mungkin dalam hidup ini. Karena itu aku sangat percaya bahwa aku pasti akan meraih semua impianku!
Kini, dihadapanku telah berdiri beberapa pintu yang kan mengantarkanku ke masa depan itu. Pintu cinta, pintu karier, pintu perkuliahan, pintu pengabdian, pintu keluarga, dan pintu yang ku tak tahu apa lagi isinya. Kini, aku hanya harus memilih. Semua pastilah memiliki konsekuensi sendiri-sendiri.
Di sini aku telah mempunyai apa yang kuinginkan di masa lalu. Cinta, komunitas, kepercayaan, juga kebebasan. Namun, bukan manusia namanya bila ia harus berhenti. Manusia selalu ingin tahu, apa yang akan terjadi pada dirinya di esok hari. Begitu pula diriku. Tak ada yang bisa memastikan apa jadinya kita esok hari, maka kita harus mencari jawaban itu sendiri.
Terlalu simpel, bukanlah aku. Terlalu rumit, rasanya juga tidak. Yang aku ingin adalah mencoba mengaplikasikan semua kemampuan diri ini. Menulis... menulis.. dan menulis... Kata-kata Pramoedya Ananta Toer di atas sungguh membangkitkan geloraku untuk terus menulis. Meski kuakui, rasa MALAS itu seolah membelenggu diri dalam berkarya. Yang ada hanya ide-ide dan ide, tanpa ada langkah-langkah yang akan membuatnya nyata. Hahaha... aku hanya ingin berubah!
Berubah menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi!

posted by greensoul at 20.30 am/29 december 2004

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...